Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2021, 16:46 WIB

KOMPAS.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) melayani vaksinasi Covid-19 gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan.

Adapun pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan Pelabuan Benoa di Bali.

Selain itu, layanan vaksinasi Covid-19 ini merupakan hasil kerja sama antara Pelni dan pemangku kepentingan kepelabuhan.

Baca juga: Pelni Hadirkan KM Sangiang di Festival Raja Ampat

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik mengatakan, layanan tersebut selaras dengan aturan perjalanan dalam PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

Kebijakan tersebut mewajibkan pelaku perjalanan untuk menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin berisi informasi vaksin minimal dosis pertama.

Pelabuhan Benoa, Bali, KOMPAS.com/IMAM ROSIDIN Pelabuhan Benoa, Bali,

“Kami mengimbau kepada setiap calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapatkan akses vaksin untuk memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai perusahaan yang masuk dalam sektor krusial, kami ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyediaan fasilitas vaksin bagi calon penumpang kapal Pelni,” ujar Opik, mengutip dari Antaranews.com, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Seperti Apa Protokol New Normal Operasional Kapal Pelni?

Selain menyediakan layanan vaksinasi Covid-19, Pelni juga menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya adalah penyemprotan disinfektan dan pembersihan kapal secara rutin oleh kru kapal.

Para penumpang juga diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Terbang ke Jawa dan Bali Harus Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Sebagai informasi, selama PPKM Darurat, aturan perjalanan yang berlaku pada kapal Pelni berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada Masa Pandemi Covid-19.

SE tersebut mengharuskan pelaku perjalanan laut dari dan ke Pulau Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+