Kompas.com - 08/07/2021, 11:18 WIB
Masjid Agung Demak Masjid Agung Demak

KOMPAS.com - Menelusuri peninggalan sejarah di Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Salah satu sejarah yang sangat menarik untuk terus dikulik adalah jejak peninggalan kerajaan Islam di Pulau Jawa.

Mengutip "Kerajaan Islam di Jawa" karya Alik Al Adhim yang diakses melalui aplikasi iPusnas digital, ada banyak peninggalan kerajaan Islam di pulau Jawa.

Baca juga: Sejarah Masjid Agung Demak, Peninggalan Kesultanan Demak yang Penuh Makna

 

Bentuknya pun beragam, mulai dari keraton hingga situs wisata religi, seperti masjid agung dan makam tokoh-tokoh penting masa itu.

Berikut ini adalah sederet peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Pulau Jawa, mulai dari wisata religi hingga keraton:

1. Masjid Agung Demak

Berbicara tentang wisata religi di Pulau Jawa, kurang lengkap rasanya tanpa peninggalan Kesultanan Demak yang satu ini. Masjid Agung Demak merupakan salah satu bukti kejayaan kerajaan Islam pertama di Jawa.

Masjid Agung Demak.Pesona Indonesia Masjid Agung Demak.

Masjid yang terletak di Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah ini merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1477 masehhi oleh Raden Patah sebagai Sultan Pertama Demak.

Di masjid seluas 1,5 hektar ini, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan dari arsitektur tradisional masjid. Pengunjung juga bisa meilhat berbagai peninggalan Kesultanan Demak di sini.

Baca juga: Masjid-masjid Peninggalan Kerajaan Islam dan Ciri-cirinya

Sampai saat ini Masjid Agung Demak masih terjaga dan terawat dengan sangat baik. Masjid itu pun masih secara aktif digunakan umat muslim untuk beribadah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber iPusnas
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.