Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Bagi penyuka sejarah Indonesia, mengetahui sejumlah peninggalan kerajaan Islam di Jawa adalah salah satu hal yang menarik untuk didalami.

Mengutip Kerajaan Islam di Jawa karya Alik Al Adhim yang diakses melalui aplikasi iPusnas digital, ada banyak peninggalan kerajaan Islam di pulau Jawa.

Baca juga: 6 Masjid Bersejarah di Jawa, Ada yang Berdiri sejak Abad Ke-15 Masehi

Bentuknya pun beragam, mulai dari keraton hingga situs wisata religi, seperti masjid agung dan makam tokoh-tokoh penting masa itu.

Berikut ini adalah sederet peninggalan kerajaan Islam di Jawa, mulai dari wisata religi hingga keraton:

Peninggalan kerajaan Islam di Jawa

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.Pesona Indonesia Masjid Agung Demak, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.

Berbicara tentang wisata religi di Pulau Jawa, kurang lengkap rasanya tanpa peninggalan Kesultanan Demak yang satu ini. Masjid Agung Demak merupakan salah satu bukti kejayaan kerajaan Islam pertama di Jawa.

Masjid yang terletak di Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah ini merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1477 masehi oleh Raden Patah sebagai Sultan Pertama Demak.

Di masjid seluas 1,5 hektare ini, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan dari arsitektur tradisional masjid. Pengunjung juga bisa meilhat berbagai peninggalan Kesultanan Demak di sini.

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Wujud Akulturasi Arab dan Tionghoa

Sampai saat ini Masjid Agung Demak masih terjaga dan terawat dengan sangat baik. Masjid itu pun masih secara aktif digunakan umat muslim untuk beribadah.

2. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.DOK. Kementerian Agama RI Masjid Menara Kudus, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.

Kudus memiliki bangunan masjid yang menjadi jejak peninggalan Wali Songo, tokoh penyebar Islam di tanah Jawa. Masjid ini didirikan Sunan Kudus.

Masjid yang terletak di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini dibangun pada 1549 masehi. Masjid ini memadukan kebudayaan Islam, Hindu, dan Jawa.

Baca juga: Masjid Jami Al-Makmur di Jakarta Pusat yang Melegenda Sejak Jaman Raden Saleh

Sesuai namanya, masjid ini memiliki sebuah menara yang menjadi ciri khasnya. Sebagaimana kebanyakan peninggalan kerajaan Islam lainnya, masjid ini juga punya atap bertingkat.

3. Masjid Sunan Ampel, Surabaya

Masjid Sunan Ampel, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.DOK. Kementerian Agama RI Masjid Sunan Ampel, salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa.

Di Surabaya, Jawa Timur, ada juga salah satu peninggalan kerajaan Islam di Jawa, yakni Masjid Agung Sunan Ampel.

Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Palau Jawa. Seperti namanya, Masjid ini memang dibangun Sunan Ampel.

Baca juga: Cerahnya Masjid Lautze di Jakarta Pusat yang Dibangun Mualaf Tionghoa

Masjid yang terletak di Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur ini dibangun sekitar tahun 1421. Pihak Pemerintah Kota Surabaya juga telah menetapkan masjid ini sebagai tempat wisata religi sejak tahun 1972.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber iPusnas
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+