Kompas.com - 08/07/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat. https://kebunraya.id/Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.

 

KOMPAS.com – Empat kebun raya yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah menutup pintunya bagi wisatawan sejak Sabtu (3/7/2021).

Mengutip informasi dalam akun Instagram @kebunraya_id pada Jumat (2/7/2021), penutupan tersebut dilakukan berdasarkan penerapan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas Sulit Mekar Sempurna

“Penutupan sementara akan dilakukan pada 3-20 Juli 2021 dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan di akun tersebut.

Adapun, empat tempat wisata kelolaan LIPI yang saat ini ditutup adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bali.

Meski ditutup, namun pihak pengelola tetap melakukan sejumlah langkah pencegahan penyebaran Covid-19 termasuk penyemprotan disinfektan ke seluruh fasilitas publik.

“Serta perawatan terhadap tumbuhan dan taman yang ada tetap akan dilakukan,” lanjut akun tersebut.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Murah di Bogor, Museum hingga Kebun Raya

Terkait penyemprotan disinfektan, hal tersebut dilakukan agar saat empat kebun raya dibuka kembali, wisatawan tetap merasa nyaman saat berlibur di sana.

Apabila ada wisatawan yang telah membeli tiket masuk ke salah satu kebun raya untuk kunjungan pada periode penutupan, pihak Kebun Raya menyarankan agar mereka tidak perlu khawatir.

Kebun Raya Cibodas.DOK. SHUTTERSTOCK/FREDY ALBERT Kebun Raya Cibodas.

“Tidak usah khawatir karena tiket kamu masih bisa digunakan hingga 90 hari setelah pemesanan,” tutur akun tersebut.

Kebun Raya dengan segudang spot menarik

Masing-masing kebun raya di atas memiliki beragam spot menarik yang patut dikunjungi saat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 sudah mereda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.