Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHRI: Tidak Ada Lagi Hotel di Jakarta yang Gratiskan Biaya Isolasi Mandiri OTG Covid-19

Kompas.com - 08/07/2021, 19:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, saat ini sudah tidak ada lagi hotel yang menawarkan isolasi mandiri pasien OTG Covid-19 secara gratis di DKI Jakarta.

“Sudah tidak ada, ditutup BNPB per 15 Juni 2021. Tidak ada lagi program pemerintah kasih gratis. Sekarang ini (pemerintah) masih nunggak (bayar) sekitar Rp 200 miliar, belum dibayar Kementerian Keuangan (Kemenkeu),” ungkap dia, Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Rp 140 Miliar, Besaran Utang Pemerintah ke Hotel Pasien OTG Covid-19

Melansir Kompas TV, Jumat (11/6/2021), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghentikan pembiayaan hotel untuk isolasi mandiri pasien OTF Covid-19 dan tenaga kerja.

Adapun, penghentian dilakukan lantaran BNPB masih memiliki utan sekitar Rp 140 miliar kepada hotel yang menjadi tempat isolasi tersebut.

Pada saat itu, dikatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah menginstruksikan kepada para OTG untuk keluar dari hotel pada 8 Juni 2021.

Meski begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemberitahuan tersebut telah disampaikan kepada pihak hotel dan pasien OTG sejak 20 Mei 2021.

Mengutip Kompas.com, Selasa (8/6/2021), Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi mengatakan, utang tersebut merupakan pembiayaan periode Januari sampai dengan 15 Juni tahun ini.

Baca juga: Catat! Ini Daftar 21 Hotel Karantina Mandiri di Jakarta Pusat

Total tagihan sebenarnya adalah Rp 200 miliar. Namun, yang baru dibayarkan adalah Rp 60 miliar.

“Khusus DKI untuk (utang) hotel Rp 200.711.910.000 dan baru kami bayar talangan Rp 60 miliar,” tutur dia.

Dody mengatakan, anggaran yang belum cair dari Kemenkeu itu memaksa pihaknya menghentikan sementara pembiayaan hotel untuk isolasi pasien Covid-19 di Jakarta mulai 15 Juni 2021.

“Kasihan hotel-hotel tidak bisa beroperasi, tunggakan tidak dibayar-bayar. Gimana mau beroperasi,” ujar Maulana.

Ilustrasi hotel.shutterstock.com Ilustrasi hotel.

Ada hotel yang gratiskan biaya isolasi mandiri awal 2021

Sebelumnya, Kompas.com memberitakan, Kamis (21/1/2021), terdapat 33 hotel yang tengah disiapkan oleh pemerintah di DKI Jakarta untuk keperluan isolasi mandiri gratis para OTG Covid-19.

Pada saat itu, Maulana mengatakan bahwa 33 hotel tersebut merupakan jumlah hotel yang telah mendaftar ke Pemda DKI Jakarta untuk menjadi fasilitas isolasi OTG.

Baca juga: 5 Hotel di Indonesia Masuk Daftar 25 Hotel Terbaik Se-Asia 2021

“33 (hotel) itu yang ikut mendaftar ke PHRI, dan PHRI yang menyerahkan daftarnya pada Satgas dan BNPB,” tuturnya pada Rabu (20/1/2021).

Dari jumlah tersebut, pada saat itu baru sekitar 19 hotel yang terverifikasi oleh Pemda DKI Jakarta dan Satgas Penanganan Covid-19. Itu pun baru sekitar 7 hotel yang benar-benar dimanfaatkan sebagai lokasi isolasi OTG.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com