Kompas.com - 09/07/2021, 12:58 WIB

 

ENDE, KOMPAS.com - PPKM Darurat memang hanya berlaku di Jawa dan Bali. Namun, Wisata Danau Kelimutu tutup sementara.

Hal itu karena kasus Covid-19 di Kabupaten Ende, NTT, masih cukup tinggi. Balai Taman Nasional Kelimutu pun menutup sementara waktu tempat wisata itu dari wisatawan.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu, menjelaskan, keputusan menutup tempat wisata itu berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Ende. Kasus terkonfirmasi positif di sana masih tinggi.

Baca juga: Begini Cara Booking Online Kunjungan ke Taman Nasional Kelimutu

"Taman Nasional Kelimutu melakukan perpanjangan penutupan kegiatan wisata selama 11 hari terhitung mulai 10 Juli hingga 20 Juli 2021," kata Agus dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (9/7/2021).

Penutupan sementara itu, lanjut dia, untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dari aktivitas wisata di Kelimutu. Pembukaan kembali akan dilakukan setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut.

"Kami memohon maaf agar semua wisatawan dapat memaklumi situasi ini," ujar Agus.

Danau Kelimutu sempat tutup selama 14 hari

Sebelumnya, wisata Danau Kelimutu sudah ditutup selama 14 hari sejak Sabtu (26/6/2021). Rencananya, penutupan hanya sampai Jumat (9/7/2021).

Keputusan penutupan sementara tersebut juga dikarenakan kasus Covid-19 di Kabupaten Ende yang meningkat.

Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu.

Pihaknya sudah menerima surat edaran Bupati Ende tentang pembatasan sosial kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Baca juga: Air Danau Kelimutu Menyusut Sekitar Lima Meter Satu Tahun Ini

"Berdasarkan surat edaran itu dan hasil koordinasi dengan instansi terkait penanganan Covid-19, untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dari aktivitas wisata, maka kegiatan wisata di TNK ditutup sementara selama 14 hari mulai 26 Juni sampai 9 Juni 2020," ujar Agus Dilansir dari Kompas.com, Jumat (25/6/2021). 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.