Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Vaksin Gratis untuk Penumpang Sriwijaya Air dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 09/07/2021, 14:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Penumpang Sriwijaya Air dan NAM Air bisa menikmati layanan vaksin gratis untuk penerbangan dari atau ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak Rabu (7/7/2021).

Kendati demikian, Corporate Communication Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa layanan tersebut tidak disediakan pihaknya.

“Vaksin tersebut disediakan pihak bandara. Dari informasi yang diterima, penerbangan dari atau ke Soetta akan tersedia tempat vaksin di bandara,” kata pihak Sriwijaya Air Group, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Daftar 15 Bandara AP I yang Sediakan Sentra Vaksin Covid-19

Seluruh penerbangan kedua maskapai tersebut untuk tujuan atau dari Bandara Soekarno-Hatta, penumpang yang belum divaksin bisa memanfaatkan layanan tersebut.

Syarat mendapat layanan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta

Namun, seperti apa syarat bagi peserta vaksin di bandara tersebut? Simak syaratnya berdasarkan informasi dari Sriwijaya Air Group:

  • Menunjukkan tiket (boarding pass)
  • Usia minimum 12 tahun
  • Membawa KTP asli, atau KK bagi anak yang belum mepunyai KTP
  • Anak-anak harus didampingi orangtua
  • Penumpang keberangkatan awal dari Bandara Soekarno-Hatta
  • Penumpang tujuan akhir Bandara Soekarno-Hatta
  • Datang empat jam sebelum keberangkatan
  • Mematuhi protokol kesehatan

Untuk jadwal vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, melansir Tribun Bisnis, Kamis (8/7/2021), saat ini layanan tersebut berjalan 24 jam di Terminal 2 dan Terminal 3.

Sejumlah penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada hari terakhir larangan mudik Lebaran 2021, Senin (17/5/2021).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Sejumlah penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada hari terakhir larangan mudik Lebaran 2021, Senin (17/5/2021).

Sentra vaksinasi di Terminal 2 dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan 22.00-03.00 WIB. Sementara senra vaksinasi di Terminal 3 dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan 20.00-01.00 WIB.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Ditanya Masyarakat Kepada AP II, Apa Saja?

Layanan vaksin Covid-19 di bandara

Bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II sudah membuka sentra layanan vaksinasi Covid-19, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta.

Melansir Kompas.com, Selasa (6/7/2021), hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan perjalanan penumpang periode PPKM Darurat Jawa-Bali yang mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2021.

SE tersebut mengatakan, penumpang pesawat termasuk di bandara-bandara AP II dengan rute menuju/dari Jawa dan Bali wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama, dan hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com