Kompas.com - 10/07/2021, 21:24 WIB

KOMPAS.com – Pada hari Sabtu (10/7/2021), Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan akan memperketat kedatangan dari Indonesia akibat bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Melansir dari situs web resminya, pihak Singapura akan mengurangi jumlah kedatangan dari Indonesia untuk warga negara non-Singapura dan yang bukan penduduk permanen Singapura.

Selain itu, efektif dari Senin (12/7/2021), seluruh wisatawan yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam kurun 21 hari terakhir tidak akan diizinkan transit di Singapura.

Baca juga: Travel Bubble Singapura-Hong Kong Terancam Batal, Kenapa?

Saat ini, wisatawan yang terbang ke Singapura dengan riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari terakhir sebelum keberangkatan ke Singapura harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 melalui tes PCR yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan ke Singapura.

Namun, mulai tanggal 12 Juli 2021, mereka harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 melalui tes PCR yang diambil dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan ke Singapura.

Wisatawan yang mendarat di Singapura tanpa hasil negatif Covid-19 yang valid tidak akan diizinkan masuk ke negara tersebut.

Baca juga: Jewel Changi Airport Singapura Buka Lagi, Siapa yang Bisa ke Sana?

Sedangkan untuk penduduk permanen dan pemegang izin tinggal jangka panjang di Singapura yang tidak mematuhi aturan terbaru akan dibatalkan izinnya.

Ilustrasi Singapurasouthtownboy Ilustrasi Singapura

Selain aturan baru tersebut, seluruh wisatawan juga harus mematuhi beberapa aturan lainnya:

  • Tinggal di fasilitas Stay-Home Notice (SHN) selama 14 hari.
  • Melakukan tes PCR setibanya di Singapura dan tes PCR kembali pada hari ke-14 setelah mendarat.
  • Melakukan tes rapid antigen sesampainya di Singapura dan melakukan tes kembali pada hari ketiga, ketujuh, dan ke-11 setelah mendarat.

Adapun menurut https://safetravel.ica.gov.sg/, tes rapid antigen dan tes PCR diperuntukkan bagi wisatawan dari negara dan wilayah berisiko tinggi, salah satunya Indonesia. 

Baca juga: Ada yang Baru di Changi Chapel and Museum di Singapura, Apa Saja?

Melalui situs webnya, Kementerian Kesehatan Singapura menulis bahwa aturan di perbatasan akan terus diperbarui berdasarkan situasi terkini.

Melansir dari Kompas.com, Sabtu (10/7/2021), terdapat penambahan 35.094 kasus baru Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir.

Maka, total jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 sejak Maret 2020 menjadi 2.491.006 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.