Kompas.com - 13/07/2021, 07:07 WIB

KOMPAS.com – Mendaki Gunung bisa jadi salah satu alternatif aktivitas yang bisa dilakukan usai PPKM Darurat berakhir nanti.

Namun, bagi sebagian orang, PPKM Darurat bisa jadi memperlemah kemampuan fisik karena tidak bisa bebas berolahraga.

Langsung mendaki gunung tinggi mungkin akan terlalu berat bagi beberapa pencinta aktivitas naik gunung yang tak optimal berolahraga saat PPKM Darurat.

Baca juga: Panduan Mendaki Gunung Cumbri di Wonogiri

Oleh karena itu, mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi bisa jadi salah satu solusi. Ini juga bisa menjadi salah satu upaya pemanasan untuk mendaki gunung tinggi.

Salah satu gunung yang pas untuk pemula adalah Bukit Cumbri yang ada di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Ponorogo, Jawa Timur. Bukit ini memiliki ketinggian 638 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jalun terdekat: Cumbri via Pager Ukir

Ada beberapa pilihan jalur pendakian untuk menuju puncak Bukit Cumbri. Salah satu yang paling populer adalah via Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Saat normal, jalur pendakian Cumbri via Pager Ukir banyak dilalui pengunjung. Salah satu alasannya adalah jarak tempuhnya yang singkat.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Ponorogo, Air Terjun hingga Telaga

Jalur via Pager Ukir ini berada di sisi timur laut Bukit Cumbri dan akan menjangkau puncaknya dari sisi utara.

Kompas.com sempat menjajal mendaki Bukit Cumbri sebelum PPKM Darurat. Saat itu, menuju puncak Bukit Cumbri hanya memakan waktu kurang dari 30 menit.

Sunset yang terhalang awan dari puncak Bukit Cumbri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunset yang terhalang awan dari puncak Bukit Cumbri.

Kompas.com juga pernah menjajal jalur lain, yakni via Sumber, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Jarak tempuh jalur ini lebih panjang, sehingga waktu tempuhnya pun lebih lama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.