Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2021, 08:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comBukit Cumbri yang ada di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur jadi salah satu spot favorit pendakian.

Itu karena bukit dengan ketinggian sekitar 638 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu cukup mudah didaki dan pas untuk pendaki pemula.

Salah satu jalur terdekat dan tercepat untuk mencapai puncak Bukit Cumbri adalah via Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Baca juga: Panduan Mendaki Gunung Cumbri di Wonogiri

Kompas.com pernah mendaki Bukit Cumbri via Pager Ukir sebelum PPKM Darurat. Melalui jalur ini, puncak Bukit Cumbri dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit.

Rute menuju jalur pendakian Cumbri via Pager Ukir

Pager Ukir berada di sekitar perbatasan Wonogiri dan Ponorogo. Menuju ke sana bisa dilakukan dari pusat Kabupaten Wonogiri dan Ponorogo.

Baik dari Wonogiri maupun Ponorogo, yang harus dilakukan untuk menuju Pager Ukir adalah berkendara menuju tugu perbatasan Wonogiri-Ponorogo.

Baca juga: Rute Menuju Jalan Tembus Selogiri Manyaran, Wonogiri

Ada belokan ke arah utara di sebelah barat tugu perbatasan Wonogiri-Ponorogo. Belok di jalan itu meninggalkan jalan utama Wonogiri-Ponorogo.

Ikuti jalan aspal, nanti ada pertigaan setelah jembatan. Lurus ke arah timur di pertigaan ini. Selanjutnya, ikuti saja jalan aspal yang ada.

Jalan aspal memang akan habis dan berganti dengan jalan cor khas desa. Meski demikian, itu adalah jalan yang benar. Terus saja ikuti jalan utama.

Nantinya, akan ada pertigaan ke arah kiri (barat). Di pertigaan ada plang petunjuk arah menuju Bukit Cumbri.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Ponorogo, Air Terjun hingga Telaga

Belok kiri di pertigaan itu, maka perjalanan akan sampai di area parkir kendaraan jalur pendakian Bukit Cumbri via Pager Ukir.

Setelah memarkir kendaraan dan membayar biaya administrasi, menuju puncak Bukit Cumbri harus dilakukan dengan berjalan kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com