Kompas.com - 17/07/2021, 16:04 WIB

KOMPAS.com – Jangan sembarangan menyentuh satwa saat liburan sepertinya memang harus dilakukan. Bisa jadi satwa itu berbahaya atau dilindungi.

Seperti yang dilakukan pasangan turis asal Lousiana, AS. Saat mereka berlibur ke Hawaii, turis perempuan menyentuh seekor anjing laut atau monk seal yang terancam punah.

Apa yang dilakukan perempuan itu pun diunggah di media sosial dan akhirnya viral. Tampak si perempuan yang berlari setelah menyentuh anjing laut karena anjing laut hendak menggigitnya.

Baca juga: Hawaii Cabut Aturan Pakai Masker di Luar Ruangan

Dilansir dari news.com.au, Sabtu (17/6/2021), kejadian itu terjadi pada Bulan Juni 2021 di salah satu pantai Hawaii, yakni Pantai Kuai.

Dilarang menyentuh anjing laut di Hawaii

Apa yang dilakukan turis itu ternyata melanggar hukum. Undung-undang negara bagian dan federal menyatakan bahwa menyentuh anjing laut langka itu adalah kejahatan.

Tidak main-main. Hukuman bagi pelanggar aturan tersebut bisa mendapat hukuman penjara hingga lima tahun dan denda 50.000 dollar AS.

Ilustrasi Hawaii - Pantai Napali di Pulau Kaua'i.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Hawaii - Pantai Napali di Pulau Kaua'i.

Pihak berwenang dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional juga telah bertindak dan menghubungi pasangan itu.

Jumlah denda itu setara dengan sekitar Rp 724, 6 juta rupiah dengan kurs 1 dollar AS setara kurang-lebih Rp 14.000, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Hawaii, Salah Satu Tempat Terbaik untuk Melihat Pelangi

Saat ini, diperkirakan ada 1.100 anjing laut langka tersebut yang tersebar di Kepulauan Hawaii Barat Laut dan 300 ada di Kepulauan Utama Hawaii.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.