Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian Jelajah Wisata Alam di Lumajang, Jawa Timur

Kompas.com - 20/07/2021, 14:16 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com Lumajang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang punya banyak tempat wisata alam. Memilih Lumajang sebagai destinasi wisata untuk berlibur 1 day trip adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak wisata alam di sini. Mulai dari air terjun, perbukitan, kolam renang, pantai, hingga pegunungan. Dijamin liburan di Lumajang bisa menyegarkan pikiranmu.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Lumajang, Pas untuk Liburan

Kamu tetap bisa menikmati ragam jenis wisata alam di Lumajang hanya dalam waktu satu hari.

Berikut Kompas.com rangkum itinerary jelajah wisata alam di Lumajang yang bisa menjadi panduanmu:

Sarapan di Alun-Alun Lumajang

Sebelum berangkat, pastikan kamu sarapan dulu. Kamu bisa membeli sarapan di dekat Alun-Alun Lumajang. Ada soto, pecel, dan nasi campur yang bisa kamu santap untuk sarapan pagi.

Taman di Alun-alun Lumajang, Jawa Timur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Taman di Alun-alun Lumajang, Jawa Timur.

Usai sarapan, mungkin kamu bisa jalan-jalan sebentar atau sekadar berfoto di Alun-Alun Lumajang. Saat ini, pohon beringin di alun-alun sedang tumbang. Namun dedaunan yang mulai bersemi, memberikan kejutan tersendiri.

Mandi di Selokambang

Kamu bisa berangkat tanpah harus mandi terlebih dahulu. Langsung saja tancap gas ke Selokambang. Ada kolam renang besar dengan air alami. Airnya segar sekali karena berasal dari sumber pegunungan.

Baca juga: 5 Keindahan Alam yang Bisa Disaksikan dari Puncak B29 Lumajang

Saat beristirahat dari renang, mungkin kamu bisa makan jajanan khas Lumajang, seperti bakwan, pohong, dan tahu brontak. Tahu brontak yang dimaksud adalah tahu isi.

Air Terjun Tumpak Sewu

Setelah badan merasa segar, bersiaplah untuk perjalanan yang cukup panjang yaitu kurang lebih 1,5 jam. Tujuan selanjutnya adalah datang ke tempat wisata yang paling indah dan paling viral di Lumajang, yaitu Air Terjun Tumpak Sewu.

Lokasinya di Pronojiwo. Kamu akan merasakan sensasi jalanan yang berliku. Saat masuk kecamatan Pronojiwo, mungkin kamu bisa berhenti sebentar di Gladak Abang atau jembatan merah. Di sana kamu bisa melihat Lumajang dari tanah yang lebih tinggi sambil jajan cilok.

Usai istirahat sebentar, lanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Tumpak Sewu. Hanya tinggal 30 menit lagi untuk sampai.

Sesampainya di sana, maka kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan. Terlihat deretan air terjun yang begitu banyak sehingga tampak seperti tirai air.

Baca juga: Bertualang ke Air Terjun Tumpak Sewu, Wow Indahnya...

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com