Kompas.com - 21/07/2021, 09:16 WIB
Panorama Pulau Bunaken dilihat dari atas. SHUTTERSTOCK/RADITYAPanorama Pulau Bunaken dilihat dari atas.

KOMPAS.com - Taman Nasional Bunaken di Kota Manado, Sulawesi Utara, akan memiliki dermaga baru yang dipastikan tidak akan berbahaya bagi lingkungan.

Dermaga tersebut akan dibangun oleh PT Nindya Karya (Persero), sebuah perusahaan BUMN di bidang konstruksi, engineering procurement, dan investasi.

Pembangunan dermaga baru dilakukan lantaran dermaga lama mulai rusak.

Selain itu, letak dermaga baru akan bersebelahan dengan dermaga sebelumnya. 

Baca juga: Popareng, Desa Ekowisata Percontohan di TN Bunaken

"Informasi terakhir sudah ada konsultasi publik terkait dengan pengurusan dokumen lingkungannya, itu dihadiri para pemangku kepentingan terkait, termasuk masyarakat sekitar," kata Site Engineering Manager Proyek Penataan Kawasan Pariwisata Pantai Malalayang dan Bunaken, PT Nindya Karya, Erik Prima, dikutip dari Antara.

Menurutnya, dokumen lingkungan sementara berproses guna memastikan pembangunannya tidak membahayakan ekosistem di tempat itu.

Baca juga: 1,5 Ton Sampah Diangkut Wisatawan dan Penyelam di Bunaken

Selain dermaga baru, pihaknya akan mengembangkan jalan wisata dan membangun view tag. Adapun view tag adalah sebuah bangunan di tepi laut tempat pengunjung menikmati pemandangan Pulau Siladen.

"Akan dibangun juga tempat swafoto di Gerbang Bunaken, galeri wisata, serta tugu diving," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.