Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2021, 16:09 WIB

 

KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) memperpanjang periode penutupan kawasan wisata dan pendakiannya pada 21-25 Juli 2021.

Adapun, berdasarkan informasi dalam akun Instagram @bbtnbromotenggersemeru, Selasa (20/7/2021), penutupan menindaklanjut keputusan Presiden Joko Widodo yang memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli mendatang.

“Mari sekali lagi kita jadikan penutupan sementara ini sebagai momentum solidaritas pengunjung Bromo dan pendaki Semeru untuk saling berempati kepada saudara-saudara kita yang saat ini sedang berjuang melawan Covid,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahannya.

Baca juga: Cara Reschedule Pendakian Gunung Semeru

Menurut unggahan tersebut, penutupan kegiatan wisata di Bromo dan pendakian Gunung Semeru dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) BBTNBTS Nomor PG.20/T.8/BIDTEK.1/KSA/7/2021.

Adapun, SE BBTNBTS Nomor PG.20/T.8/BIDTEK.1/KSA/7/2021 tentang Penutupan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBTS.

SE tersebut menyebutkan, penutupan kawasan Bromo dan Semeru dilakukan dengan memperhatikan arahan dan pernyataan Presiden Joko Widodo tentang PPKM Darurat Covid-19.

Pemandangan Gunung Semeru saat berburu matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemandangan Gunung Semeru saat berburu matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sebelumnya, kawasan wisata TNBTS ditutup selama PPKM Darurat periode pertama yakni pada 3-20 Juli lalu.

Hal tersebut diumumkan melalui Surat Pengumuman BBTNBTS Nomor PG.18/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/7/2021 tentang Penutupan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBTS.

Baca juga: 7 Obyek Wisata yang Tidak Boleh Dilewati di Kawasan Bromo dan Semeru

Dalam salah satu unggahan akun tersebut pada Jumat (2/7/2021), keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi para pihak terkait untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 bagi pengunjung, petugas, dan masyarakat.

“Maka seluruh obyek dan daya tarik wisata alam di Kawasan TNBTS ditutup secara total mulai tanggal 3 Juli s/d 20 Juli 2021,” seperti yang tertera dalam Surat Pengumuman tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+