Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat Diperpanjang, Wisata Bromo Tidak Jadi Buka Hari Ini

Kompas.com - 21/07/2021, 16:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) memperpanjang periode penutupan kawasan wisata dan pendakiannya pada 21-25 Juli 2021.

Adapun, berdasarkan informasi dalam akun Instagram @bbtnbromotenggersemeru, Selasa (20/7/2021), penutupan menindaklanjut keputusan Presiden Joko Widodo yang memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli mendatang.

“Mari sekali lagi kita jadikan penutupan sementara ini sebagai momentum solidaritas pengunjung Bromo dan pendaki Semeru untuk saling berempati kepada saudara-saudara kita yang saat ini sedang berjuang melawan Covid,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahannya.

Baca juga: Cara Reschedule Pendakian Gunung Semeru

Menurut unggahan tersebut, penutupan kegiatan wisata di Bromo dan pendakian Gunung Semeru dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) BBTNBTS Nomor PG.20/T.8/BIDTEK.1/KSA/7/2021.

Adapun, SE BBTNBTS Nomor PG.20/T.8/BIDTEK.1/KSA/7/2021 tentang Penutupan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBTS.

SE tersebut menyebutkan, penutupan kawasan Bromo dan Semeru dilakukan dengan memperhatikan arahan dan pernyataan Presiden Joko Widodo tentang PPKM Darurat Covid-19.

Pemandangan Gunung Semeru saat berburu matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemandangan Gunung Semeru saat berburu matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sebelumnya, kawasan wisata TNBTS ditutup selama PPKM Darurat periode pertama yakni pada 3-20 Juli lalu.

Hal tersebut diumumkan melalui Surat Pengumuman BBTNBTS Nomor PG.18/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/7/2021 tentang Penutupan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBTS.

Baca juga: 7 Obyek Wisata yang Tidak Boleh Dilewati di Kawasan Bromo dan Semeru

Dalam salah satu unggahan akun tersebut pada Jumat (2/7/2021), keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi para pihak terkait untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 bagi pengunjung, petugas, dan masyarakat.

“Maka seluruh obyek dan daya tarik wisata alam di Kawasan TNBTS ditutup secara total mulai tanggal 3 Juli s/d 20 Juli 2021,” seperti yang tertera dalam Surat Pengumuman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com