Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TN Komodo Buka Lagi, Jam Kunjungan Wisatawan ke Padar Selatan Dibatasi

Kompas.com - 22/07/2021, 11:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah membuka kembali objek wisata alamnya, Padar Selatan, bagi wisatawan sejak Senin (19/7/2021).

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Kementerian LHK Nandang Prihadi mengatakan, pembukaan dilakukan dengan pembatasan jam kunjungan wisatawan.

“Sekarang sistemnya in-out. Misal kuota sudah 50 orang di dalam, kunjungan berikutnya belum boleh masuk. Selain batasi jumlah, ini juga membatasi waktu wisatawan di dalam. Tidak bisa lama-lama, kasihan kunjungan berikutnya,” jelasnya, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Syarat Berwisata ke Padar Selatan di TN Komodo

Berdasarkan informasi dalam akun Instagram @btn_komodo, Minggu (18/7/2021), pembukaan kembali tempat wisata tersebut berdasarkan Surat Pengumuman Balai TN Komodo Nomor PG.3/T.17/TU/REN/7/2021.

Adapun, Surat Pengumuman Balai TN Komodo Nomor PG.3/T.17/TU/REN/7/2021 tentang Pembukaan Obyek Wisata Alam Padar Selatan SPTN Wilayah III Balai TN Komodo.

“Balai TN Komodo dengan ini membuka kembali obyek wisata alam Padar Selatan untuk kunjungan wisatawan mulai tanggal 19 Juli 2021,” seperti yang tertulis dalam pengumuman tersebut.

Kuota kunjungan dan jam yang dibatasi

Pemandangan matahari terbit di Pulau Padar, Nusa Tenggara TimurKompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan matahari terbit di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

Sebelumnya, Nandang mengatakan bahwa Balai TN Komodo tidak hanya membatasi kuota kunjungan namun juga jam kunjungan.

Adapun, hal ini tertera dalam Keputusan Kepala Balai TN Komodo Nomor: SK.91/T.17/TU/REN/7/2021 tentang Protokol Kunjungan Objek Wisata Alam Padar Selatan SPTN Wilayah III Balai TN Komodo.

Baca juga: PPKM Darurat, TN dan TWA akan Buka Sesuai Arahan Satgas Covid-19

Saat ini, hanya 300 wisatawan per hari saja diizinkan untuk berlibur di Padar Selatan. Mereka juga perlu registrasi daring terlebih dahulu sebelum berkunjung pada jam-jam tertentu yakni sebagai berikut:

  • Pukul 05.30-07.30 wita
  • Pukul 08.00-10.00 wita
  • Pukul 15.00-18.00 wita

Dalam akun Instagram resmi Balai TN Komodo, dikatakan bahwa pembagian waktu kunjungan dilakukan guna menghindari penumpukan dan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

“Wisatawan hanya memiliki waktu paling lama 10 menit untuk beraktivitas di Puncak Padar Selatan. Selfie-nya jangan lama-lama, ingat gantian dengan yang lain,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan akun Instagram Balai TN Komodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com