Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2021, 21:49 WIB
Markus Yuwono,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan vaksinasi di kawasan wisata religi Goa Maria Tritis, di Padukuhan Bulu, Kalurahan Giring, Kapanewon Paliyan.

Vaksinasi dilakukan mulai pukul 09.00 WIB. Lokasi vaksinasi dilakukan di tempat terbuka dengan tujuan masyarakat yang datang tidak berkerumun di satu titik.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul Terus Gandeng Tempat Wisata untuk Gencarkan Vaksinasi

Satu persatu warga baik usia remaja, dewasa serta lansia terlihat langsung menuju alat timbang badan dan tinggi badan. Kemudian mereka menuju loket pendaftaran, lalu dilanjutkan dengan loket pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Rayon 3 Gunungkidul dari 3 paroki yakni Wonosari, Kelor, dan Bandung. Dinas kesehatan menyediakan 500 dosis vaksin untuk diberikan umat Katolik dan warga sekitar Goa Tritis.

Vaksinasi di Kawasan Wisata Religi Gua Maria TritisKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Vaksinasi di Kawasan Wisata Religi Gua Maria Tritis

"Upaya percepatan vaksinasi dengan mendatangi masyarakat. Ini (Gua Maria Tritis) lokasi kawasan wisata religi, pelaku wisata harus mendapatkan vaksin," ucap Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Kamis (22/7/2021).

Vaksinasi ini juga untuk memberikan rasa aman bagi umat Katolik, dan juga masyarakat sekitar. Sebab, jika nantinya dibuka kembali akan banyak pengunjung dari luar daerah yang datang.

"Waktu normal di sini memang banyak umat Katolik datang dari luar daerah, jadi kita pastikan kesehatan masyarakat di sini," kata Sunaryanta.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntaringsih mengatakan, pihaknya terus mendorong kegiatan vaksinasi yang menyasar tempat seperti di tempat wisata religi Goa Maria Tritis.

"Kami terus mendorong kegiatan vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan tertib," kata Endah.

Kepala Paroki Santo Petrus Kanisius Romo Norbertus Sukarno Siwi Pr mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang telah memilih kawasan wisata religi Goa Maria Tritis menjadi lokasi vaksinasi.

Goa 'Maria Perantara Wahyu' Tritis, atau biasa dikenal Goa Maria Tritis yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (2/9/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Goa 'Maria Perantara Wahyu' Tritis, atau biasa dikenal Goa Maria Tritis yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (2/9/2018).

Mengenai Goa Maria Tritis

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung yang melewati jalur biasa bisa berjalan kurang lebih 20 menit atau sekitar 500 meter untuk sampai di mulut goa. Selain itu, bagi peziarah yang ingin melakukan Jalan Salib harus berjalan memutari bukit karst dengan 14 pemberhentian. 

Selama perjalanan terdapat diorama kisah sengsara Yesus. Saat berjalan menuju goa, pengunjung akan menikmati keindahan alam khas gunungsewu yang terdiri dari perbukitan, dan kebun jati yang meranggas saat musim kemarau.

Selain itu, sambutan ramah para petani yang sedang mengolah tanah berbatu akan dijumpai jika pagi atau sore hari.

Sampai di mulut goa, akan tampak meja altar yang menghadap ke arah mulut goa. Patung Bunda Maria berada di sisi kanan agak ke dalam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com