Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bagian Bandara Ini Jadi Sarang Kuman, Mana Saja?

Kompas.com - 23/07/2021, 09:39 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Bepergian naik pesawat menjadi hal yang cukup umum saat ini. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang, pesawat tetap menjadi favorit karena dianggap memiliki risiko penularan rendah.

Dilansir dari huffpost.co.uk, sebagian besar ahli sepakat bahwa penyaringan udara dan sistem sanitasi yang baik membuat resiko penularan virus di dalam pesawat relatif rendah.

Prosedur cukup ketat, seperti penggunaan masker, pengaturan tempat duduk, dan keharusan penumpang duduk diam selama perjalanan juga disebut menjadi salah satu faktor yang menekan tingkat penularan penyakit.

Baca juga: Pengalaman Naik Pesawat Saat PPKM Darurat, Bandara Sepi dan Hasil Tes PCR Lama Keluar

Meski begitu, menghabiskan banyak waktu di bandara ternyata menimbulkan risiko lebih besar tertular penyakit. Seperti tempat umum lainnya, bandara menjadi tempat berkumpul banyak orang dari beragam daerah.

"Bandara menyatukan banyak orang dari sana sini yang membawa kuman selama perjalanan," kata ahli pencegahan infeksi dari UCHealt Yama Valley Medical Center di Steamboat Spring, Colorado bernama Lauren Bryan.

Merebaknya pandemi Covid-19 memang membuat kebersihan bandara jauh lebih diperhatikan. Namun, beberapa bagian dari tempat tersebut tetap memiliki resiko penularan yang lebih besar.

Bagian bandara yang banyak kuman

Menurut para ahli, berikut ini adalah sederet tempat yang paling berisiko di bandara karena memiliki banyak kuman.

Baca juga: 4 Bandara AP I Sesuaikan Jam Operasional Selama PPKM Darurat

1. Pegangan Kursi

Kursi di bandara menjadi salah satu fasilitas yang digunakan banyak orang saat menunggu jadwal keberangkatan. Ini membuat pegangan kursi memiliki resiko tinggi atas penularan virus dan kuman.

"Tempat di bandara yang sering disentuh namun tak secara rutin dibersihkan adalah pegangan kursi yang terdapat di ruang tunggu," ujar seorang profesor dan kepala Community, Environment & Policy Department di Universitas Arizona bernama Kelly Reynolds. 

Ilustarasi kursi bandara DOK. ShutterstockShutterstock Ilustarasi kursi bandara DOK. Shutterstock

Pada tahun 2018 InsuranceQuotes.com, melakukan penelitian dengan mengambil sampel dari tiga bandara utama. Hasil analisis dari sampel tersebut menunjukkan adanya 21.630 kumpulan bakteri dan jamur setiap 1 inci persegi di pegangan kursi.

Oleh sebab itu, pengunjung disarankan untuk membersihkan bagian tersebut sebelum duduk atau tetap berdiri jika ingin menghindari kuman dan bakteri yang bersarang di pegangan kursi.

Baca juga: Ada Vaksin Gratis untuk Penumpang Sriwijaya Air dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta

 

Halaman:
Sumber Huffpost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com