Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT ke-76 RI, Produk Indonesia Dijual di Pusat Kota Paris

Kompas.com - 26/07/2021, 13:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Beragam produk dari 28 merek dari Indonesia dijual di toko konsep Merci di Paris, Perancis, pada 21 Juli – 22 Agustus 2021.

Dalam program promosi yang bernama Merci Beyond Bali itu, para pengunjung dapat menemukan beraneka produk busana, aksesoris, dan perabotan yang telah dikurasi oleh pihak toko.

Sebagai informasi, toko konsep atau concept store adalah toko yang menjual produk yang telah dikurasi berdasarkan suatu tema. Umumnya produk tersebut berasal dari beragam merek.

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Perancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa akibat pandemi Covid-19,” kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Perancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Arrmanatha Nasir, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Ada Festival Indonesia di Kota Aurons, Perancis, Seperti Apa?

Ia menambahkan bahwa sebelum pandemi Covid-19, diperkirakan ada 285.000 wisatawan Perancis berkunjung ke Indonesia.

Oleh karena itu, lobi utama Merci dihias sedemikian rupa agar dapat membawa pengalaman berwisata ke Indonesia di Paris.

Adapun, area tersebut dihiasi saung-saung di tengah pepohonan dan sawah berundak-undak seperti di Bali. Tiap saung menampilkan berbagai produk.

“CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa Merci akan melalukan repeat order (pemesanan ulang) untuk beberapa produk karena sudah sold out (terjual habis),” ujarnya.

Selain mengobati rasa rindu akan Indonesia, program Merci Beyond Bali juga bertujuan untuk menyambut HUT ke-76 RI.

Baca juga: Menara Eiffel Perancis Buka Kembali, Wisatawan Wajib Bawa Bukti Vaksinasi Covid-19

Kaus berdesain khusus peringati 76 tahun kemerdekaan RI

Dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI, pihak Merci akan mendesain sebuah kaus khusus yang dijual secara terbatas pada 17 Agustus 2021 nanti.

Walau desain kaus masih dirahasiakan, Arrmanatha mengungkapkan bahwa desainnya diharapkan dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

Salah satu produk tas yang dijual di toko Merci di Paris, Perancis.Dok. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Prancis Salah satu produk tas yang dijual di toko Merci di Paris, Perancis.

Tidak hanya menjual produk Indonesia

Program Merci Beyond Bali tidak hanya berhenti pada penjualan produk-produk dari Indonesia, tapi juga merambah ke bisnis dan budaya.

Pada 28 Juli 2021, acara pertemuan bisnis akan digelar untuk mempromosikan komoditas kopi dan teh Indonesia dengan mengundang komunitas bisnis Perancis.

Selanjutnya, pada 29 Juli 2021, pengunjung dapat mencoba membuat batik sendiri melalui acara demonstrasi pembuatan batik.

Di area tersebut juga terdapat pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang ada di Indonesia. Diharapkan, jika pandemi Covid-19 terkendali dan pembatasan negara mulai dibuka, wisatawan Perancis dapat menikmati keindahan Indonesia secara langsung.

Baca juga: Perancis, Negara Pertama di Eropa yang Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

Toko konsep Merci

Merci didirikan sejak Maret 2009 di pusat Kota Paris, tepatnya di daerah Haut-Marais. Tiap tahunnya toko ini dikunjungi sekitar 1,5 juta orang.

Selama masa pandemi, tiap pengunjung yang ingin berbelanja di toko ini harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai kebijakan Pemerintah Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com