Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2021, 16:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Jalur pendakian Gunung Sindoro tetap dibuka selama perpanjangan kebijakan PPKM Darurat atau PPKM Level 4 yang berlaku pada 26 Juli-2 Agustus 2021.

Seorang perwakilan dari Basecamp Ndoro Arum, jalur pendakian Gunung Sindoro via Banaran, mengatakan bahwa pembukaan jalur pendakian tetap dilakukan untuk sementara waktu ini.

“Berhubung surat edaran sudah keluar dan pemberitahuan perpanjangan PPKM diperpanjang mendadak, untuk pendakian Sindoro tetap buka dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia, Senin (26/7/2021).

Kendati demikian, untuk saat ini pihaknya masih merundingkan lebih lanjut terkait langkah selanjutnya seperti apa.

Baca juga: Embun Es Muncul di Gunung Sindoro, Disebut Pertama Kali Terjadi

Senada dengan perwakilan Basecamp Ndoro Arum, Petugas Basecamp Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari sekaligus Mountain Guide Gunung-gunung di Jawa bernama Bayem mengatakan hal yang serupa.

“Sementara kembali dibuka. Tapi juga ada kemungkinan tutup kembali secara mendadak. Kita dari basecamp-basecamp juga menganut (aturan dari) Pemerintah Kabupaten dan dari Perhutani jika disuruh tutup kembali,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bayem mengatakan bahwa saat ini hanya sebagian jalur pendakian Gunung Sindoro saja yang dibuka kembali yakni via Bansari, Banaran, Kledung, Alang-alang Sewu, dan Sigedang.

Dibuka kembali pada 26 Juli 2021

Jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari.

Sebelumnya, perwakilan Basecamp Ndoro Arum mengatakan bahwa sebagian jalur pendakian Gunung Sindoro yang telah disebutkan sebelumnya akan dibuka kembali pada Senin.

Adapun, pembukaan tersebut bersamaan dengan berakhirnya PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang berakhir pada Minggu (25/7/2021) setelah diterapkan sejak 3 Juli lalu.

“Iya betul untuk via Ndoro Arum atau Banaran dibuka per tanggal 26 Juli 2021. (Tapi) enggak semua jalur sih yang buka besok,” katanya saat dihubungi Kompas.com pada Minggu.

Basecamp Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung lewat akun Instagram @grasindosindoro juga mengumumkan hal yang sama, Minggu.

Baca juga: 11 Aturan yang Mesti Kamu Patuhi kalau Ingin Mendaki Gunung Sindoro

Dalam salah satu unggahan akun tersebut, melalui Surat Pengumuman Grasindo Nomor 04/GRS/SE/X/2021, dikatakan bahwa pembukaan jalur pendakian via Kledung mulai berlaku Senin.

Kendati demikian, saat ini pemerintah Indonesia resmi memperpanjang PPKM Darurat atau PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang.

Mengutip Kompas.com, Minggu, hal tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu malam melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com