Kompas.com - 26/07/2021, 20:31 WIB
Pemandangan di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah. Dokumentasi Adi PermanaPemandangan di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.

 

KOMPAS.comPPKM Darurat yang diperpanjang pada 26 Juli-2 Agustus 2021 membatalkan rencana pembukaan kembali seluruh jalur pendakian Gunung Prau.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates Achmad Afifudin mengonfirmasi keputusan itu kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

“Dengan perpanjangan PPKM, maka seluruh jalur pendakian Gunung Prau resmi diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan,” jelasnya.

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung Prau via Igirmranak, Siapkan Senter walau Siang

Untuk diketahui, Prau merupakan gunung yang masuk dalam wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung yang terletak pada ketinggian 2.590 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memiliki lima jalur pendakian resmi yakni via Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Achmad tidak menampik bahwa kegiatan pendakian pasca-PPKM Darurat pada 3 Agustus ada kemungkinan tidak akan berlangsung. Itu karena ada kemungkinan PPKM Darurat diperpanjang lagi seperti saat ini

Baca juga: Rute Menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak

Namun, pihaknya tetap positif dapat membuka kembali jalur pendakian Gunung Prau. Khususnya via Wates.

“(Tapi) semoga awal-awal Agustus sudah buka,” ujar dia.

Masuk dalam wilayah PPKM Level 4

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, terdapat sejumlah wilayah yang masuk dalam kategori Level 4 dan Level 3.

Di Pulau Jawa, terdapat 26 kota/kabupaten yang masuk dalam Level 4. Dari 26 kota/kabupaten tersebut, empat kabupaten yang mencakup Gunung Prau masuk di dalamnya.

Pemandangan yang indah di Gunung Prau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan yang indah di Gunung Prau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.