Kompas.com - 31/07/2021, 12:43 WIB

KOMPAS.com – Beberapa destinasi wisata di dunia biasanya menyambut turis lokal terlebih dahulu sebelum dibuka untuk turis asing.

Namun, berbeda dengan Phuket yang ada di Negeri Gajah Putih, Thailand. Skema sandbox sejak 1 Juli 2021 tetap dilanjutkan dengan pengawasan ketat.

Baca juga: Ratusan Turis Asing Mendarat di Phuket Saat Pembukaan Kembali

Skema sandbox pun memungkinkan turis asing berkunjung ke Phuket tanpa harus menjalani karantina.

Meski dapat dikunjungi turis asing, Phuket ternyata tertutup untuk wisatawan domestik Thailand.

Diberitakan Bangkok Post, Jumat (30/7/2021), Gubernur Phuket memerintahkan seluruh pulau untuk ditutup dari pelancong domestik mulai 3 Agustus 2021.

Mereka yang bisa masuk Phuket

Selain turis asing, terdapat pengecualian bagi beberapa pelancong domestik yang bisa masuk ke Phuket.

Diberitakan Thethaiger, Jumat, pengecualian akan diberikan untuk beberapa keadaan, terutama terkait kebutuhan, seperti pasokan medis dan pasien darurat, makanan, pertanian dan ternak, gas, uang, barang-barang kertas, juga perlengkapan konstruksi.

Selain mereka, ada pula orang-orang yang bersekolah di Phuket, tiket penerbangan untuk perjalanan yang disetujui, janji vaksin, janji pengadilan, dan pejabat pemerintah tertentu.

Pantai Patong di Phuket, ThailandUNSPLASH/Mike Swigunski Pantai Patong di Phuket, Thailand

Pelancong domestik yang dikecualikan pun masih harus menunjukkan bukti vaksinasi dan tes PCR atau rapid test antigen di pintu masuk Phuket.

Sementara itu, skema Phuket Sandbox sebenarnya ikut mendapat tekanan akibat melonjaknya kasus Covid-19 di Thailand.

Terlebih, total infeksi Covid-19 selama tujuh hari di Phuket adalah 148 orang. Jumlah ini melebihi batas yang ditetapkan, yakni 90 orang per minggu. Evaluasi skema ini pun bisa jadi akan dilakukan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Thailand Tetap Buka 3 Pulau untuk Turis Asing

Namun, hanya ada 30 kasus yang berasal dari total 12.395 turis asing dalam skema sandbox atau 0,2 persen saja. Pejabat pun memutuskan bahwa skema sandbox dapat terus berlanjut.

Akan tetapi, Departemen Pengendalian Penyakit masih perlu mengamati situasi selama dua minggu dengan cermat untuk melihat apakah skema sandbox ditangguhkan setelah perjalanan domestik ke Phuket ditutup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.