Kompas.com - 31/07/2021, 15:17 WIB
Suasana Petak Enam di Geudng Chandra Glodok, Jakarta, Jumat (4/6/2021) KOMPAS.com/MITA AMALIA HAPSARISuasana Petak Enam di Geudng Chandra Glodok, Jakarta, Jumat (4/6/2021)

KOMPAS.com – Kampung Wisata Petak Enam merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Jakarta. Tentunya saat situasi sudah memungkinkan nanti.

Petak Enam berada di Gedung Chandra, kawasan Glodok, Jakarta Barat ini merupakan satu kompleks yang cukup besar untuk wisata kuliner, belanja, hingga sejarah dengan nuansa Chinatown.

Baca juga: Bersantai di Gedung Bersejarah Glodok, Petak Enam di Chandra

Di sana, pengunjung dapat menikmati aneka sajian kuliner khas China, Barat, dan Nusantara. Lokasinya pun Instagramable, sehingga pas untuk foto-foto.

Petak Enam merupakan saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial sampai hari ini, sehingga berpotensi menjadi heritage village

Namun, saat ini Petak Enam hanya melayani takeaway selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Vaksinasi di Kampung Wisata Petak Enam

Hari Sabtu (31/7/2021) pukul 09.00-16.00 WIB, Petak Enam berubah menjadi sentra lokasi vaksinasi massal.

Vaksinasi diinisiasi Ikatan Alumni Lemhannas Komisariat Provinsi (Ikal Komprov) DKI Jakarta bersama Pemprov DKI, Kementerian Kesehatan, dan Polda Metro Jaya dengan target 1,000 peserta.

Acara vaksinasi di Petak Enam juga turut dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Vaksinasi di Petak Enam.Dok. Kemenparekraf Vaksinasi di Petak Enam.

Ia menyebutkan, sentra vaksinasi ini merupakan bagian dari program Vanic yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik, sehingga dapat membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi.

Sebelumnya, sentra vaksinasi digelar di beberapa tempat wisata lain, seperti South Shore, Heha Sky View, dan Pantai Ngobaran di Gunungkidul, serta Kampoeng Kopi Banaran di Kabupaten Semarang.

Baca juga: 122 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Siap Jadi Sentra Vaksinasi Covid-19

“Kita harapkan sentra ini bisa membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi,” ujar Sandiaga dalam pernyataan tertulis.

Ia juga berterima kasih dan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat dalam penyenggaraan sentra vaksinasi di salah satu kawasan wisata.

Baca juga: 5 Sentra Vaksinasi di Tempat Wisata, Disuntik Sambil Lihat Pemandangan Indah

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah yang menargetkan dua juta vaksinasi per hari, sehingga herd immunity dapat segera tercapai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.