Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Menarik di Gayo Takengon Aceh, Kunjungi Usai PPKM

Kompas.com - 01/08/2021, 13:31 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dataran tinggi Gayo di Aceh terkenal akan beragam pesona alamnya. Salah satu kawasan yang menjadi primadona destinasi wisata di Gayo adalah Takengon.

Takengon merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh yang memiliki beragam wisata alam. Salah satu objek wisata yang menarik perhatian banyak pengunjung adalah Danau Laut Tawar.

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah 5 wisata di Takengon yang patut dikunjungi usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakan (PPKM).

Baca juga: Tak Miliki Izin, Pemerintah Tutup Obyek Wisata Pioneer Camp Aceh

1. Dermaga Pantai Menye

Pantai Menye menjadi salah satu tempat wisata favorit di Aceh. Pantai ini terletak di Kota Takengon, Aceh Tengah.

Meski disebut pantai, tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah danau air tawar yang sangat luas.

Pelangi muncul di atas Danau Lut Tawar, Takengon.KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Pelangi muncul di atas Danau Lut Tawar, Takengon.

Dilansir dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Tengah, Dermaga Pantai Menye secara resmi dibuka pada Agustus 2020.

tempat wisata ini bisa dijangkau dengan transportasi pribad,i baik roda dua atau empat. Jarak tempuh Pantai Menye sekitar 50 menit dari pusat Kota Takengon.

Baca juga: Penganan Masa Lalu Aceh Eksis Kembali di Sebuah Kafe di Bireuen

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Menye pengunjung perlu membayar Rp 10.000 di hari libur atau ahir pekan, dan gratis di hari biasa. Biaya parkir kendaraanadalah Rp 5.000.

2. Buntul Rintis

Buntul Rintis merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Tempat ini terletak di wilayah perbukitan dan memiliki beragam wahana atau atraksi yang menarik.

Wisawatan berfoto di spot kupu-kupu di obyek wisata Buntul Rintis, di  Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.KOMPAS.com/MASRIADI Wisawatan berfoto di spot kupu-kupu di obyek wisata Buntul Rintis, di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Bagi wisatawan yang gemar berfoto, tempat ini menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya di Buntul Rintis, wisatawan bisa menemukan beragam spot foto menarik.

Beberapa wahana atau atraksi yang bisa dijumpaii di tempat ini antara lain, sepeda gantung, replika kincir angin, sarang burung, dan spot kupu-kupu.

Tiket masuk objek wisata ini adalah sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Baca juga: Sedang Melintasi Jalan Lintas di Aceh Tamiang Ini, Jangan Lupa Beli Durian Sukarami

3. Dermaga Dedalu

Satu lagi tempat wisata di sekitar Danau Laut Tawar yang patut diunjungi. Dermaga Dedalu terletak di Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Dermaga yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh tengah beberapa tahun lalu itu berada di bawah jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Lut Tawar dengan pusat Kota Takenong.

Dermaga Dedalu di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (30/10/2020).  KOMPAS.com/MASRIADI Dermaga Dedalu di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (30/10/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com