Kompas.com - 03/08/2021, 15:06 WIB

KOMPAS.com – Koordinator Hotel Repatriasi, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Vivi Herlambang mengatakan, kisaran biaya karantina di hotel dibanderol mulai dari Rp 6,5 jutaan.

“Hotel repatriasi bukan merupakan hotel isolasi mandiri karena hasil PCR positif. Harga hotel repatriasi bintang 3 Rp 6,5 juta-Rp 7,5 juta. Harga nett untuk single occupancy. Bila ada tambahan pax dan kamar berbeda, harga bisa berubah,” ujar dia, Senin (2/8/2021).

Adapun, karantina di hotel repatriasi merupakan kewajiban bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang tiba di Indonesia.

Baca juga: Daftar Lengkap 63 Hotel Karantina di Jakarta untuk WNA dan WNI

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum rincian kisaran harga karantina di hotel berdasarkan paparan Vivi, Selasa (3/8/2021).

Kisaran biaya karantina di hotel

  • Bintang 3 memiliki kisaran Rp 6,5 juta - Rp 7,5 juta
  • Bintang 4 memiliki kisaran Rp 7,5 juta - Rp 10 juta
  • Bintang 5 memiliki kisaran Rp 10 juta - Rp 14 juta
  • Luxury memiliki kisaran Rp 14 juta - Rp 20 juta

Untuk ketentuan harga di atas, selain hanya untuk satu tamu, harga sudah termasuk kamar untuk menginap selama 7 malam 8 hari.

Baca juga: Daftar 20 Hotel di Zona Hijau Bali untuk Karantina WNA dan WNI

Kemudian, harga juga sudah mencakup makan tiga kali sehari, air mineral dua sampai empat botol per hari di luar makan, laundry lima potong pakaian per orang per hari, tes PCR dua kali, dan penjemputan dari bandara ke hotel.

Ilustrasi hotelwhyframestudio Ilustrasi hotel

Dia juga menuturkan, jika tamu ingin memesan layanan kamar, harga sesuai ketentuan dari masing-masing hotel dan tidak termasuk dalam harga paket yang ditawarkan.

Baca juga: Jangan Bingung Saat Pesan Kamar, Ini Penjelasan Jenis Kamar Hotel

Terkait protokol kesehatan, Vivi menegaskan bahwa calon tamu tidak perlu khawatir karena hotel-hotel yang masuk dalam kategori hotel repatriasi telah menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Proses pemberian makanan adalah salah satunya. Pihak hotel akan menaruhnya di depan pintu kamar. Tamu dipersilakan untuk mengambilnya sendiri.

Baca juga: Daftar 25 Hotel Terindah di Dunia 2021 Versi TripAdvisor, Indonesia Termasuk

“Berlaku untuk hotel repatriasi mandiri. Tamu bayar sendiri di hotel sesuai ketentuan, hotel membayar semua biaya tenaga kesehatan dan keamanan,” jelas Vivi.

“Khusus untuk PMI atau mahasiswa, tersedia Wisma Pademangan yang gratis. Tes PCR menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.