Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Virtual Tour Olimpiade Tokyo, Bisa Ngobrol Bareng Atlet

Kompas.com - 03/08/2021, 16:08 WIB
Kistin Septiyani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang kini masih berlangsung. Gegap-gempita ajang olahraga internasioanl tersebut juga terasa hingga ke berbagai penjuru dunia.

Sayangnya di masa pandemi Covid-19 tak banyak orang yang bisa menyaksikan secara langsung acara tersebut di Tokyo.

Sebagai bentuk inovasi dan solusi atas situasi yang ada, pihak penyelenggara olimpiade dan paralimpiade menawarkan pengalaman virtual tour.

Baca juga: Demi Piknik Anak Generasi Pandemi, Virtual Field Trip Bisa Jadi Solusi

Tur virtual atau virtual tour adalah kegiatan wisata yang dilakukan secara daring, umumnya dengan bantuan platform Zoom. Dalam kegiatan wisata ini, peserta dapat menjelajahi sejumlah tempat sambil berbincang dengan penyelenggara acara. 

Bertemu para atlet

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) menyapa Kevin Cordon dari Guatemala setelah memenangi laga perebutan medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021.AFP/ALEXANDER NEMENOV Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) menyapa Kevin Cordon dari Guatemala setelah memenangi laga perebutan medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021.

Dilansir dari Bangkok Post, Komite Olimpiade Internasional dan Komite Paralimpiade Internasional bekerja sama dengan Airbnb untuk mengajak para penggemar olahraga untuk lebih dekat dengan para atlet, walau hanya lewat layar. 

Kerja sama tersebut melahirkan sebuah program yang menawarkan pengalaman virtual bersama lebih dari 200 atlet yang berlaga di olimpiade dan paralimpiade.

Baca juga: Nasib Malang Sederet Fasilitas Bekas Olimpiade yang Terlupakan, Mana Saja?

Selain menceritakan pengalamannya, para atlet juga akan membagi cerita tentang kecintaannya terhadap dunia olahraga. 

Tak hanya itu, pengunjung virtual tour juga bisa berbincang-bincang secara langsung dengan atlet melalui platform Zoom. 

Adapun calon peserta bisa mengakses tur tersebut dengan mengunjungi laman ini

Baca juga: Oleh-oleh Unik Olimpiade Tokyo 2020, Dari Kimono sampai Teko

Program ini bekerja sama dengan sejumlah atlet ternama dunia, seperti mantan pebasket legendaris Scottie Pippen, Larry Bird, dan Patrick Ewing. Mereka merupakan peraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Baca juga: Mengenal Kabuki, Teater Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Peserta juga bisa berjumpa dengan atlet renang dari Inggris, Alice Dearing, dan atlet skateboard termuda dari Inggris, Sky Brown. 

Program yang diluncurkan tanggal 13 Juli lalu ini juga mengikutsertakan 45 atlet paralimpiade. Beberapa di antaranya adalah pelari asal Inggris Jonnie Peacock, pemain voli dari Amerika Nicky Nieves (atlet voli dari Amerika), dan perenang asal Brazil Edenia Garcia. 

Baca juga: Oleh-oleh Unik Olimpiade Tokyo 2020, Dari Kimono sampai Teko

Kunjungi tempat olimpiade

Parade kembang api memeriahkan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). Pesta olahraga yang berlangsung hingga Minggu (8/8/2021) ini akan digelar tanpa penonton mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda Jepang.AFP/JONATHAN NACKSTRAND Parade kembang api memeriahkan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). Pesta olahraga yang berlangsung hingga Minggu (8/8/2021) ini akan digelar tanpa penonton mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda Jepang.

Dilansir dari cnbc.com, tak hanya berkomunikasi dengan para atlet, pecinta olahraga juga bisa jalan-jalan secara virtual di lokasi olimpiade. 

Baca juga: Disebut Cegah Seks Bebas, Ini 4 Fakta Ranjang Kardus Olimpiade Tokyo 2020

Kanal YouTube ONLY in JAPAN merupakan salah satu kanal yang menyiarkan siaran langsung Olimpiade Tokyo 2020. Kanal ini diluncurkan oleh seorang bintang YouTube asal Amerika, John Daub. 

Di salah satu videonya, penonton dapat merasakan pengalaman berkeliling di Stadion Olimpiade Tokyo. Penonton juga bisa menyaksikan acara red carpet olimpiade saat upacara pembukaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com