Jumlah Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Turun 81 Persen pada Juli 2021

Kompas.com - 03/08/2021, 17:44 WIB

KOMPAS.comBandara I Gusti Ngurah Rai melayani sebanyak 84.115 penumpang, baik itu yang datang maupun berangkat, selama PPKM Darurat sejak 3 Juli 2021.

Menurut siaran pers yang Kompas.com terima, Selasa (3/8/2021), jumlah penumpang yang dilayani mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Capaian penumpang, dibandingkan pada Juni, secara persentase turun 81 persen. Pergerakan pesawat udara juga mengalami penurunan 65 persen,” ujar General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado.

Baca juga: Ini Skenario Penyambutan Turis Asing di Bali jika Sudah Memungkinkan

Adapun, penurunan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat merupakan efek dari mobilitas masyarakat yang masih dibatasi selama pandemi Covid-19.

Meski begitu, Herry mengatakan bahwa penerapan PPKM merupakan upaya untuk mengantisipasi pandemi yang masih melanda Indonesia.

“Bersamaan dengan itu, implementasi pemberlakuan persyaratan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan telah kami laksanakan sesuai kebijakan dari pemerintah,” jelas dia.

Kedatangan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kedatangan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Jumlah pergerakan penumpang

Berdasarkan data yang diberikan Herry, jumlah penumpang yang berangkat meninggalkan Pulau Bali adalah 51.804 dengan diangkut oleh 634 pesawat.

Sementara untuk kedatangan ke Pulau Dewata adalah 32.311 penumpang yang diangkut oleh 630 pesawat.

Baca juga: 1.871 Usaha Pariwisata di Bali Sudah Dapat Sertifikat CHSE

Dia menegaskan, seluruh penumpang yang melakukan penerbangan telah dipastikan memenuhi dokumen persyaratan yang telah diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan maskapai penerbangan.

“Tiga urutan maskapai yang melayani penumpang terbanyak yakni Citilink Indonesia 20.770 penumpang, Garuda Indonesia 12.529 penumpang, dan Batik Air 7.336 penumpang,” ujar Herry.

Kemudian, untuk tiga urutan rute asal tujuan penerbangan terbanyak adalah Jakarta 30.817 penumpang, Surabaya 4.791 penumpang, dan Makassar 3.708 penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.