PPKM Diperpanjang, Obyek Wisata di Bantul Masih Tutup sampai 9 Agustus

Kompas.com - 04/08/2021, 10:03 WIB
Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dipastikan tutup selama masa perpanjangan PPKM Level 4 sampai 9 Agustus 2021.

Adapun Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul akan fokus mengejar kekurangan pelaku sektor pariwisata yang belum divaksinasi. 

"Iya masih ditutup sampai tanggal 9 Agustus," kata Sekretaris Dispar Bantul Annihayah saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Jeritan Pelaku Wisata di Pantai Selatan Bantul, Pendapatan Turun 99 Persen Sampai Tak Bisa Cicil Utang Saat Butuh Biaya Sekolah Anak

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan vaksinasi kepada lebih dari 1.500 pelaku sektor pariwisata. Kegiatan vaksinasi itu nantinya dilakukan di tempat wisata atau di lokasi jasa usaha pariwisata.

"Saat ini kita sedang melakukan koordinasi di lapangan," ucap Annihayah.

Baca juga: Pelaku Wisata di Gunungkidul dan Bantul Belum Dapat Bantuan, Pemkab Siapkan Program Vaksinasi Massal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat disinggung mengenai bantuan, ia mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui terkait adanya bantuan bagi pelaku sektor pariwisata.

 

Hanya saja, pihaknya sudah menyiapkan data sesuai arahan dari pemerintah provinsi. Data tersebut akan langsung diberikan jika ada program dari pemerintah pusat. 

Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura.KOMPAS.com/DANI J Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura.

Sebelumnya diberitakan, kawasan wisata di Kabupaten Bantul baik yang dikelola pemerintah maupun swasta sudah tutup sejak PPKM Darurat pada 3 Juli 2021.

Adapun lokasi wisata yang dikelola pemerintah kabupaten, yakni Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme.

Baca juga: Tempat Wisata Kembali Ditutup, Pelaku Wisata di Bantul Diminta Legowo

 

Sementara itu, lokasi wisata yang dikelola swasta atau masyarakat dengan kelompok sadar wisata, antara lain hutan pinus dan Puncak Sosok.

Pada Senin (2/8/2021), Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM) Darurat Jawa-Bali hingga 9 Agustus. Kebijakan tersebut juga dikenal sebagai PPKM Level 4.

Baca juga: Virtual Tour Wisata Gunungkidul dan Bantul Kurang Diminati

Selain itu, aturan itu sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.