PAREKRAF

Cari Tahu, Ini 5 Destinasi Geopark di Indonesia yang Tersertifikasi UNESCO

Kompas.com - 04/08/2021, 16:54 WIB
Pemandangan Gunung Batur di Bali DOK. SHUTTERSTOCK/Saiko3p.Pemandangan Gunung Batur di Bali

KOMPAS.com - Indonesia memiliki lima geopark yang sudah tersertifikasi oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Sebagai informasi, geopark merupakan kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka, termasuk keindahan alam dan budayanya. Masyarakat yang berada di sekitar lingkungan geopark berkewajiban untuk melindungi warisan alam ini.

UNESCO memberikan penghargaan khusus bagi beberapa geopark terbaik di seluruh dunia dengan gelar UNESCO Global Geoparks (UGG).

Apresiasi tersebut merupakan dukungan atas peran penting geopark yang memberikan banyak manfaat, mulai dari wisata edukasi, alam, hingga budaya dalam satu destinasi wisata.

Pengembangan geopark sama halnya dengan mengembangkan aspek ilmu pengetahuan di Indonesia. Pasalnya, geopark kerap menjadi lokasi untuk penelitian geologi hingga flora dan fauna.

Berikut lima geopark di Indonesia yang telah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geoparks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Geopark Batur

Geopark Batur merupakan geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks (UGG) pada 2012. Geopark ini memamerkan keindahan alam yang disebabkan letusan besar gunung berapi. Letusan ini membentuk kaldera ganda dan danau purba.

Baca juga: Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Baru Menikmati Kopi Nusantara

Sebagai informasi, kawasan Geopark Batur yang terletak di Kecamatan Kintamani dan Kabupaten Batur memiliki 21 situs warisan alam. Pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan bersejarah, seperi dahsyatnya letusan Gunung Batur di Museum Geopark Batur.

Sampai saat ini, Gunung Batur masih aktif dan menghasilkan beragam batuan yang dapat dimanfaatkan warga untuk membangun rumah.

2. Gunung Sewu

Selanjutnya, ada Geopark Gunung Sewu yang diakui sebagai UGG sejak 2015. Geopark ini membentang di antara tiga kabupaten, yakni Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.