Kompas.com - 04/08/2021, 22:02 WIB
Sejumlah pemudik Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia tiba di kedatangan Internasional Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (21/5/2020). Sebanyak 83 WNI dengan visa melancong yang terdampak karantina (lockdown) pandemi COVID-19 di Malaysia itu tiba dan langsung mengikuti prosedur pemeriksaan protokol kesehatan COVID-19 sebelum pulang ke daerah masing-masing. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww. ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANASejumlah pemudik Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia tiba di kedatangan Internasional Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (21/5/2020). Sebanyak 83 WNI dengan visa melancong yang terdampak karantina (lockdown) pandemi COVID-19 di Malaysia itu tiba dan langsung mengikuti prosedur pemeriksaan protokol kesehatan COVID-19 sebelum pulang ke daerah masing-masing. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.

MEDAN, KOMPAS.com - Jumlah penumpang domestik yang berangkat melalui Bandara Internasional Kualanamu selama Januari-Juni 2021 mengalami kenaikan 0,59 persen dibanding periode yang sama 2020.

"Jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu terus naik, walau belum terlalu besar,"ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Sumatera Utara, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Itinerary Weekend di Medan, 1 Hari Jelajah Sejarah sampai Makan Durian

Pada periode Januari-Juni 2021, jumlah penumpang domestik sebanyak 754.743 orang. Sementara itu, jumlah penumpang domestik adalah 750.315 orang pada semester I 2020.

Bepergian untuk kepentingan bisnis

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution menyebutkan, kenaikan jumlah penumpang belum berpengaruh positif ke bisnis anggota asosiasi.

Menurutnya, kedatangan dan keberangkatan penumpang domestik lebih mengarah untuk kepentingan bisnis atau mendesak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

"Kalau pun ada untuk kegiatan liburan, warga belum menggunakan jasa layanan perusahaan anggota Asita. Hingga saat ini bisnis perusahaan perjalanan wisata masih belum jalan,"ujar Solahuddin.

Tampak Kemegahan Istana Maimun via shutterstockSHUTTERSTOCK Tampak Kemegahan Istana Maimun via shutterstock

Kenaikan terlihat pada bulan Juni

Kenaikan jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu itu khususnya terlihat di bulan Juni.

Pada bulan Juni, jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu mencapai 150.762 orang atau naik 44,07 persen dibanding pada Mei yang masih 104.644 orang.

Baca juga: 6 Jenis Martabak di Medan, Sudah Pernah Coba Semua?

Syech Suhaimi menyebutkan, jumlah penumpang domestik yang berangkat sebanyak 754.743 orang itu lebih kecil jumlahnya dari penumpang domestik yang datang melalui Bandara Kualanamu.

Selama Januari-Juni 2021, penumpang domestik yang datang sebanyak 797.420. (Evalisa Siregar/Triono Subagyo)



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.