Kompas.com - 05/08/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi kamar hotel. Shutterstock/filippo giulianiIlustrasi kamar hotel.

 

KOMPAS.com – Saat ini, sebagian besar hotel di Indonesia telah disertifikasi CHSE oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) lantaran protokol kesehatan yang diterapkan telah memenuhi standar.

Dilansir dari Kompas.comCHSE adalah singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability. 

Sertifikasi tersebut merupakan salah satu strategi untuk menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Kendati demikian, Ketua Umum Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA) I Gede Arya Pering tidak menampik bahwa masih ada hotel-hotel yang belum menjalani sertifikasi tersebut.

“Yang hotelnya belum sertifikasi CHSE, segera daftarkan. Ini memberikan dampak terhadap hotel dengan melakukan CHSE untuk memunculkan kepercayaan,” tegas dia.

Baca juga: Daftar Lengkap 64 Hotel Karantina di Jakarta untuk WNA dan WNI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut disampaikan oleh dirinya dalam Focus Group Discussion IHGMA bertajuk “Perhotelan Bangkit—Adaptasi dengan Regulasi?” yang dilakukan secara daring pada Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, sertifikasi CHSE menandakan bahwa sebuah hotel telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga aman untuk dikunjungi oleh calon tamu.

“Hotel dapat memberikan rasa percaya, rasa hormat, dan harga diri karena sudah sertifikasi. Sehingga hotel dipercaya sebagai pilihan tempat tinggal,” jelas Arya.

Baca juga: Pelaku Pariwisata Diminta Daftar Sertifikasi CHSE agar Wisatawan Aman

Hotel yang sudah sertifikasi CHSE

Ilustrasi - Kamar hotelShutterstock/Dragon Images Ilustrasi - Kamar hotel

Menurut data pada 14 Juni 2021, Indonesia mencatat sekitar 2.689 hotel yang sudah sertifikasi CHSE termasuk yang berlokasi di lima destinasi super prioritas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.