Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saipan di Kepulauan Mariana Disebut Bali Baru untuk Turis Australia

Kompas.com - 06/08/2021, 10:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comSaipan, sebuah pulau di Kepulauan Mariana, Amerika Serikat (AS), digadang-gadang sebagai “Bali Baru” bagi wisatawan asal Australia.

Melansir News.com.au, Senin (2/8/2021), julukan itu disematkan lantaran Saipan hanya berjarak sekitar enam jam perjalanan dari Australia.

Selain dikatakan tengah berusaha memosisikan dirinya sebagai Bali baru bagi wisatawan Australia yang haus melancong, pulau ini juga diperkirakan akan mencapai herd immunity dari Covid-19 dalam beberapa minggu.

Baca juga: Travel Bubble Selandia Baru-Australia Kembali Ditunda

Vaksinasi massal membuat Saipan berharap ada maskapai baru yang akan membuat jalur udara dengan Australia.

Mengutip 3aw.com.au, Jumat (30/7/2021), sebanyak lebih dari 70 persen penduduk pulau tersebut telah divaksinasi Covid-19 lengkap.

The Australian melaporkan, dikutip dari News.com.au, Saipan berencana membuka kembali pintunya dan melirik Australia sebagai bagian dari pemulihan pasca-pandemi.

Ilustrasi Saipan - Pulau Saipan yang terletak di Kepulauan Mariana, Amerika Serikat.SHUTTERSTOCK / By Bastrik Ilustrasi Saipan - Pulau Saipan yang terletak di Kepulauan Mariana, Amerika Serikat.

Chairman Marianas Pacific Airlines, Neil Hansford mengatakan bahwa ada kemungkinan otoritas kesehatan akan mengizinkan warga Australia untuk melancong Saipan.

“Ada kemungkinan untuk diizinkan melancong ke Saipan jauh lebih awal daripada destinasi wisata populer seperti Indonesia atau Filipina karena keberhasilan pulau itu menangani Covid-19,” ujarnya kepada Ross and Russel, mengutip 3aw.com.au.

Baca juga: UNESCO Berencana Masukkan Great Barrier Reef Australia ke Daftar Terancam Punah

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa Saipan juga memiliki resor yang sangat baik dengan lebih dari 3.000 kamar.

“Saipan memiliki jarak tempuh dari Brisbane yang sama dengan Bali. Mereka memiliki hotel yang kualitasnya juga sama, resor yang sama, dan diving lebih baik. Bahasa Inggris merupakan bahasa utama mereka, zona waktunya juga sama dengan kita,” kata Hansford.

Untuk akomodasi, meski menggunakan mata uang dollar AS, harga yang ditawarkan dikatakan lebih kurang sama dengan Bali.

Ilustrasi Saipan - Pulau Saipan yang terletak di Kepulauan Mariana, Amerika Serikat.SHUTTERSTOCK / By Simon Shin kwangsig Ilustrasi Saipan - Pulau Saipan yang terletak di Kepulauan Mariana, Amerika Serikat.

Kemudian, cuaca di Saipan juga berada di antara 21-31 derajat celcius yang membuatnya aman untuk berselancar atau berenang.

Pesona Saipan yang disebut sebagai Bali baru

Saipan merupakan pulau tropis yang menawarkan pantai jernih yang dihiasi pasir putih sepanjang bibir pantai.

Melansir situs resmi pariwisata Kepulauan Mariana, pulau ini menawarkan beragam festival sepanjang tahun, seperti Chamorro dan Carolinian.

Pulau ini juga terkenal akan pasar-pasarnya yang menawarkan hidangan tradisional lezat dan kerajinan tangan lokal.

Baca juga: Cerita Pengunjung Soal Suasana Indonesia di Tiger Trek Taronga Zoo Australia

Pulau Saipan terkenal akan sejarahnya terkait Perang Dunia II. Bahkan di balik laguna yang indah, tersimpan bangkai kapal dan sisa-sisa Perang Pasifik.

Terdapat pula sejumlah spot wisata sejarah, seperti Last Command Post yang didirikan tentara Jepang pada 1944. Selanjutnya, ada Banzai Cliff sebagai tempat terakhir yang didiami warga Jepang dan Okinawa.

Mengutip Visit the USA, Garapan merupakan distrik wisata utama di Saipan. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi beragam restoran, bar, dan toko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com