11 Fakta Kuil Meiji Jepang, Museumnya Didesain Perancang Stadion Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 06/08/2021, 17:07 WIB

 

KOMPAS.comKuil Meiji atau Meiji Jingu merupakan kuil di Shibuya, Tokyo yang sudah dibangun sejak 100 tahun lalu sama seperti kawasan Meiji Jingu Gaien.

Seorang pemandu tur Tokyo bernama Mine mengatakan, kuil ini merupakan kuil paling populer di Jepang, terlebih saat tahun baru. 

“Setiap tahun baru, lebih dari tiga juta orang datang ke Kuil Meiji untuk berdoa. Walau sangat penuh dan ramai, tapi masih banyak orang tetap ingin datang ke sana,” ujar dia dalam tur virtual bertajuk “Enchanting World of Tokyo Olympics 2020” pada Rabu (4/8/2021).

Baca juga: Pesona Kuil Meiji di Tokyo yang Sudah Ada Sejak 1 Abad Lalu

Selain menjadi kuil paling populer, terdapat fakta menarik lainnya seputar Kuil Meiji yang Kompas.com rangkum yakni sebagai berikut, Jumat (6/8/2021):

1. Kuil Meiji berusia satu abad

Menurut informasi dalam situs resmi Kuil Meiji, kuil ini merupakan salah satu kuil Shinto di Jepang yang sudah ada sejak 1920.

Adapun, pembangunan kuil ini dilakukan untuk memperingati Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken yang memodernisasi Jepang. Kaisar Meiji (1852-1912) merupakan Kaisar Jepang ke-122 yang mulai menduduki tahta pada 1867.

Baca juga: Jingu Gaien, Kawasan Wisata dan Olahraga Dekat Stadion Olimpiade Tokyo 2020

Pada saat itu, Jepang mengalami kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seperti membuka negara ke dunia usai isolasi panjang dan Keshogunan Tokugawa (pemerintahan Tokugawa Ieyasu).

Kaisar Meiji yang mulai menjabat mengambil inisiatif untuk mempromosikan persahabatan dengan negara lain, dan memperkenalkan peradaban Barat serta mengembangkan teknologi dari luar negeri.

Kuil Meiji di Shibuya, Tokyo, Jepang.SHUTTERSTOCK / By Nattee Chalermtiragool Kuil Meiji di Shibuya, Tokyo, Jepang.

2. Lebih dari 100.000 pohon mengelilingi Kuil Meiji

Melansir Japan National Tourism Organization, kawasan Kuil Meiji dikelilingi oleh lebih dari 120.000 pohon yang didonasikan oleh orang-orang dari seluruh Jepang.

Alhasil, setibanya di salah satu dari tiga gerbang torii yang ada, wisatawan yang hendak menyusuri jalur menuju kuil akan disuguhi pemandangan pepohonan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.