Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Pencinta Wisata Alam

Kompas.com - Diperbarui 07/09/2022, 09:21 WIB
Kistin Septiyani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini dikenal sebagai danau terluas di Indonesia, yakni seluas 1.130 kilometer persegi. 

Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Danau Toba menjadi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. 

Baca juga: 5 Wisata di Parapat, Kota yang Indah di Tepi Danau Toba

Tidak hanya itu, danau ini menawarkan berbagai tempat wisata alam dan kaya potensi budaya. Jika punya beberapa hari untuk menghabiskan waktu beraktivitas di kawasan Danau Toba, ada sejumlah aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sana.

Destinasi wisata sekitar Danau Toba

Jika sedang melancong ke Sumatera Utara dan mampi ke Danau Toba, berikut sejumlah destinasi wisata sekitar Danau Toba yang dapat dikunjungi:

1. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.SHUTTERSTOCK/WIKA PAPUA Air Terjun Situmurun, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.

Perpaduan antara pemandangan Danau Toba dengan air terjun dapat ditemukan di obyek wisata Air Terjun Situmurun yang tingginya mencapai sekitar 70 meter.

Air terjun ini terdiri dari tujuh undakan. Airnya mengalir dari tebing yang terletak di tepi Danau Toba. Aliran airnya jatuh langsung ke danau.

Pilihan destinasi wisata Danau Toba ini terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Samosir, dari Perbukitan hingga Desa

2. Bukit Holbung

Bukit Holbung, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Bukit Holbung, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.

Wilayah perbukitan di sekitar Danau Toba dapat menjadi pilihan wisata Danau Toba untuk menikmati panoramanya dari ketinggian, salah satunya adalah dari Bukit Holbung atau Bukit Teletubbies. 

Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Baca juga: Jadi Lokasi Syuting Film Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Fakta Bukit Holbung

Selain melihat pemandangan Danau Toba, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam di sore hari dari area ini. 

3. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, salah satu wisata sekitar Danau Toba Sumatera Utara yang bisa dikunjungi.

Menara Pandang Tele berada tidak terlalu jauh dari Bukit Holbung. Menara yang terletak di Kabupaten Samosir ini menjadi tempat untuk melihat Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Jarak dari Bukit Holbung ke Menara Pandang Tele dengan kendaraan roda empat dapat ditempuh selama 44 menit.

Baca juga: 5 Alasan Harus Wisata ke Danau Toba, Latar Film Ngeri-ngeri Sedap

Sedangkan, jarak dari Kota Medan ke Menara Pandang Tele dapat mencapai lima hingga enam jam dengan kendaraan roda empat. 

Menara Pandang Tele terdiri dari tiga lantai yang dapat diakses pengunjung. Dari lantai teratas, misalnya, pengunjung bisa menikmati panorama perbukitan, rumah-rumah warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com