20 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Pencinta Wisata Alam

Kompas.com - Diperbarui 17/02/2022, 10:58 WIB

KOMPAS.com - Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini dikenal sebagai danau terluas di Indonesia, yakni seluas 1.130 kilometer persegi. 

Menurut situs web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Danau Toba menjadi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. 

Tidak hanya itu, danau ini menawarkan berbagai tempat wisata alam dan kaya potensi budaya. Jika punya beberapa hari untuk menghabiskan waktu beraktivitas di kawasan Danau Toba, ada sejumlah aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sana.

Baca juga:

Destinasi wisata di Danau Toba

Jika sedang melancong ke Sumatera Utara dan mampi ke Danau Toba, berikut sejumlah destinasi wisata Danau Toba yang dapat dikunjungi:

1. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun, Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.SHUTTERSTOCK/WIKA PAPUA Air Terjun Situmurun, Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.

Perpaduan antara pemandangan Danau Toba dengan air terjun dapat ditemukan di objek wisata Air Terjun Situmurun yang tingginya mencapai sekitar 70 meter.

Air terjun ini terdiri dari tujuh undakan. Airnya mengalir dari tebing yang terletak di tepi Danau Toba. Aliran airnya jatuh langsung ke danau.

Pilihan destinasi wisata Danau Toba ini terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Samosir, dari Perbukitan hingga Desa

2. Bukit Holbung

Tempat wisata bernama Bukit Holbung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Tempat wisata bernama Bukit Holbung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).

Wilayah perbukitan di sekitar Danau Toba dapat menjadi pilihan wisata Danau Toba untuk menikmati panoramanya dari ketinggian, salah satunya adalah dari Bukit Holbung atau Bukit Teletubbies. 

Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Selain melihat pemandangan Danau Toba, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam di sore hari dari area ini. 

Baca juga: 5 Wisata Antimainstream di Sumatera Utara, Tidak Hanya Danau Toba

3. Menara Pandang Tele

Tempat wisata bernama Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Tempat wisata bernama Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).

Menara Pandang Tele berada tidak terlalu jauh dari Bukit Holbung. Menara yang terletak di Kabupaten Samosir ini menjadi tempat untuk melihat Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Jarak dari Bukit Holbung ke Menara Pandang Tele dengan kendaraan roda empat dapat ditempuh selama 44 menit.

Sedangkan, jarak dari Kota Medan ke Menara Pandang Tele dapat mencapai lima hingga enam jam dengan kendaraan roda empat. 

Menara Pandang Tele terdiri dari tiga lantai yang dapat diakses pengunjung. Dari lantai teratas, misalnya, pengunjung bisa menikmati panorama perbukitan, rumah-rumah warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.