Kompas.com - 07/08/2021, 16:16 WIB
Relawan bersiap melakukan pencarian tiga orang yang hilang di Gunung Ungaran. KOMPAS.com/IstRelawan bersiap melakukan pencarian tiga orang yang hilang di Gunung Ungaran.

UNGARAN, KOMPAS.com - Tiga peziarah dengan tujuan Sendang Suroloyo Gunung Ungaran sempat hilang kontak sejak Kamis (5/8/2021) sebelum ditemukan oleh relawan pada Sabtu (7/8/2021) sekira pukul 11.00 WIB.

Mereka mendaki melalui Desa Nyantnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jalur yang mereka daki pun berbeda dengan jalur wisata pendakian. Biasanya, pendaki menjangkau puncak tertinggi Ungaran (Puncak Banteng Raider dan Puncak Botak) via Perantunan atau basecamp Mawar. 

Baca juga: Curug Lawe Benowo di Ungaran, Air Terjun Indah dengan Lingkungan Asri

Menurut Kepala Desa Nyatnyono bernama Parsunto, kejadian tiga orang hilang ini adalah yang pertama kali.

"Sejak saya menjabat, ini adalah kejadian yang pertama. Memang jarang peziarah yang naik hingga Puncak Suroloyo," jelasnya saat dihubungi.

Parsunto mengatakan bahwa Puncak Suroloyo Gunung Ungaran secara geografis masuk ke dalam wilayah Perhutani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi memang paling dekat itu Desa Nyatnyono, kalau jalan ke Puncak Suroloyo butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam," tuturnya.

Puncak Suroloyo Gunung Ungaran, bukan tempat wisata

Selain sendang, para peziarah juga biasa ngalab berkah ke dua makam yang berada di bawah puncak. Yakni di dekat wilayah Ngipik ada Makam Mbah Ceguk atau Mbah Abdullah dan yang dekat di area hutan cemara ada Makam Mbah Nyai Suko.

"Itu bukan jalur pendakian, juga bukan untuk ritual ya. Tapi yang naik kesana itu biasanya punya maksud tertentu," kata Parsunto.

Menurut dia, jalur menuju Sendang Suroloyo memang sudah ada meski tidak terawat karena jarang dilalui. Bahkan, belum tentu dalam waktu satu bulan ada yang menuju Puncak Suralaya.

Tiga peziarah di Sendang Suroloyo Gunung Ungaran ditemukan dalam keadaan linglung.KOMPAS.com/Ist Tiga peziarah di Sendang Suroloyo Gunung Ungaran ditemukan dalam keadaan linglung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.