Objek Wisata Tutup Selama PPKM, Pelaku Wisata di Banyumas Diminta Sabar

Kompas.com - 08/08/2021, 07:10 WIB

KOMPAS.com – Pelaku sektor pariwisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diminta bersabar karena tempat wisata ditutup sementara selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Saat ini memang banyak pelaku pariwisata yang meminta objek wisata kembali dibuka setelah lebih dari satu bulan ditutup. Namun demikian, kita harus menyadari bahwa kondisi Covid-19 di Banyumas masih belum terkendali dan masih masuk (PPKM) Level 4,” kata Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Wahyono Gozali, Sabtu (7/8/2021), dikutip dari Antara.

Baca juga: Tempat Wisata KPH Banyumas Timur Tutup Saat Jateng di Rumah Saja

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali, Kabupaten Banyumas berstatus PPKM Level 4.

Adapun, fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya) di wilayah berstatus PPKM Level 4 harus ditutup sementara. Kebijakan tersebut berlaku apda 3 - 9 Agustus 2021.

Baca juga: 4 Makanan Khas Banyumas yang Wajib Dicoba

Oleh sebab itu, pihaknya meminta pengertian dan pemahaman dari pelaku sektor pariwisata atas penutupan sementara tempat wisata.

“Tentunya kalau Banyumas turun level, akan ada kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelonggaran-pelonggaran,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat 124 tempat wisata di kabupaten tersebut yang terdiri dari tujuh tempat wisata yang dikelola Dinporabudpar Banyumas, 15 desa wisata, lima rintisan desa wisata, dan selebihnya dikelola pihak swasta atau perorangan.

Baca juga: Ini 5 Oleh-oleh Khas Banyumas yang Bisa Dibeli

“Semoga setelah 9 Agustus nanti kasus Covid-19 di Banyumas turun, sehingga ada kebijakan pembukaan kembali objek wisata meskipun dengan pembatasan jumlah pengunjung,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.