Pendapatan Gunungkidul Berpotensi Hilang Rp 5 Miliar akibat Tempat Wisata Tutup

Kompas.com - 08/08/2021, 13:25 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpotensi kehilangan pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 5 milar.

Pendapatan itu adalah dari sisi retribusi wisata karena penutupan kawasan wisata saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang sudah lebih dari sebulan.

"(berpotensi kehilangan) Rp 5 miliar. Ini baru dari sisi retribusi, belum termasuk yang digerakkan secara mandiri oleh pelaku wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti kepada Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Pengunjung Nekat ke Pantai Gunungkidul Makin Banyak

Pihaknya semula menargetkan PAD pariwisata sebesar Rp 18 miliar tahun 2021. Namun hingga triwulan ketiga ini, target tersebut belum juga tercapai, bahkan tidak ada pemasukan sama sekali karena penutupan.

Melihat kondisi ini, pihaknya berencana akan menurunkan target PAD dari retribusi menjadi Rp 13 Miliar.

Akan tetapi, penurunan itu belum dihitung dari sisi ekonomi kepada masyarakat. Dia mencontohkan, pengeluaran belanja wisatawan sebelum pandemi rata-rata mencapai Rp 140.000 per orang.

Baca juga: Dinas Pariwisata Gunungkidul: Lebih dari 7.000 Pelaku Wisata Terdampak PPKM

Namun saat pandemi, pengeluaran turun drastis ke kisaran Rp 80.000, dengan jumlah wisatawan pada 2020 hanya sekitat 1,8 juta orang.

"Jadi bisa diperkirakan penurunan pendapatannya seperti apa," ucap Asti.

Pelaku wisata yang terdampak PPKM

Asti menyebutkan, sekitar 7.000 pelaku wisata terkena dampak PPKM Darurat. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya simpanan finansial.

Saat penutupan di awal pandemi, pelaku wisata masih bisa bertahan hidup selama 3 sampai 4 bulan dengan simpanan yang dimiliki.

Pantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.