Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kucing Internasional, Ini 3 Kafe Kucing di Indonesia

Kompas.com - 08/08/2021, 19:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – International Cat Day atau Hari Kucing Internasional jatuh pada 8 Agustus 2021. Salah satu cara untuk merayakannya, terlebih jika tidak punya kucing di rumah, adalah dengan mengunjungi kafe kucing.

Adapun, kafe kucing merupakan sebuah kafe yang memungkinkan pelanggannya untuk berinteraksi dengan para anak bulu sambil menyantap beragam makanan dan minuman.

Baca juga: Selain Ngopi, Turis di Kafe Brasil Juga Bisa Adopsi Kucing

Beberapa tahun belakangan, kafe kucing sedan naik daun. Di Indonesia, terdapat tiga kafe kucing yang dapat dikunjungi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum, Minggu (8/8/2021):

1. Paw Paw Cafe, Surakarta

Paw Paw Cafe berlokasi di Jalan Ronggowarsito Nomor 42, Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon. Menurut lama Instagram-nya, mereka buka steiap hari pukul 12.30-22.00 WIB saat normal.

Kafe ini memiliki beberapa kucing yang dibiarkan bermain di dalam kafe. Wisatawan yang berkunjung akan langsung disambut oleh mereka karena tempat bermain dengan kucing dan area kafe tidak dipisah.

Baca juga: Tidur Ditemani Kucing, Begini Uniknya Hostel Neko Hatago di Osaka

Pengunjung tidak perlu khawatir akan bulu kucing. Sebab, makanan dan minuman yang dihidangkan ditutup plastic wrap, sehingga tetap bersih dari dapur hingga ke meja pelanggan.

Beberapa menu yang tersedia di Paw Paw Cafe adalah es teh, Ice Blend, susu soda, kentang goreng, risol ayam sayur, pisang coklat, kroket, nugget, dan Taiwanese Milk Mochi.

Tangkapan layar kucing yang ada di kafe kucing bernama Paw Paw Cafe di Solo, Jawa Tengah.dok. Instagram @pawpaw_cafe Tangkapan layar kucing yang ada di kafe kucing bernama Paw Paw Cafe di Solo, Jawa Tengah.

Sementara menu yang direkomendasikan oleh pihak kafe adalah menu spesial seperti Paw Creamy Milk, Paw Coffee, Paw Platter, dan Rainbow Cake Mille Crepe.

Mengutip Kompas.com, Minggu (13/9/2020), harga kisaran paling murah adalah Rp 5.000 sementara yang paling mahal adalah Rp 29.000.

Apabila ingin berkunjung, saat ini pihak kafe memungkinkan pelanggan untuk datang tanpa reservasi, tiket masuk, dan batas waktu.

Baca juga: Kabar Gembira, Kucing Gli yang Terkenal Tetap Tinggal di Hagia Sophia

Calon pengunjung diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan tidak bepergian jika demam.

2. Kopi Cat Cafe by Groovy, Jakarta dan Tangerang

Kopi Cat Cafe by Groovy memiliki dua cabang yakni di Jakarta dan Tangerang Selatan. Untuk di Jakarta, lokasinya berada di Jalan Kemang Selatan VIII Nomor 63 A-B, Bangka, Mampang Prapatan.

Sementara di Tangerang Selatan, lokasinya berada di Ruko Victorian Blok C5, Jalan Bintaro Utama Raya Sektor 3A.

Kendati demikian berdasarkan informasi dalam Instagram mereka, dua cabang kafe kucing tersebut saat ini tengah tutup akibat PPKM Darurat.

Kucing peliharaan bermain di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kucing peliharaan bermain di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com