Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabana di Pulau Komodo NTT Terbakar, Fasilitas Wisata dan Komodo Aman

Kompas.com - 09/08/2021, 10:28 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sabana di Lajupemali yang merupakan salah satu kawasan di Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbakar pada hari Sabtu (7/8/2021).

Setelah mendapat informasi terbakarnya lokasi tersebut, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo bersama Danlanal Labuan Bajo dan Pabung 1612/Manggarai langsung memantau lokasi wisata Pulau Komodo, Sabtu malam sekitar pukul 23.07 wita.

Baca juga: Kronologi UNESCO Minta Stop Pembangunan Proyek di TN Komodo NTT

Ia mengatakan, tim gabungan dari Polres Manggarai Barat, Kompi 4 Brimob Labuan Bajo, Lanal Labuan Bajo, Kodim 1612/Manggarai, dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat terjun langsung ke lokasi guna memastikan fasilitas wisata maupun komodo di Pulau Komodo dalam keadaan aman.

Baca juga: Turis Indonesia Dominasi Kunjungan ke TN Komodo pada Januari-Mei

Foto : Sabana di Kawasan Taman Nasional Komodo Terbakar Dokumen warga/istimewa Foto : Sabana di Kawasan Taman Nasional Komodo Terbakar

"Kami memastikan tidak ditemukan titik api di lokasi ini dan seluruh fasilitas di sini dalam kondisi aman. Begitu juga dengan hewan komodo. Semua aman," kata Wibowo dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (9/8/2021) pagi. 

Baca juga: UNESCO Minta Hentikan Proyek di TN Komodo, Ini Tanggapan Menparekraf Sandiaga

Ia mengungkapkan, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan dan patroli keliling di wilayah perairan TN Komodo.

"Sekitar pukul 01.30 wita, tidak lagi ditemukan titik api dan kami juga sudah melakukan pemeriksaan serta patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo, baik di wilayah selatan maupun timur itu sudah kami lihat dan tidak ada titik api yang kami temukan," terangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com