Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura Mangkunegaran Kembali Tiadakan Kirab Pusakadalem Tahun 2021

Kompas.com - 09/08/2021, 18:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Tradisi Kirab Pusakadalem Satu Suro di Kompleks Istana Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah ditiadakan tahun ini.

Kabar itu dikonfirmasi Abdi Dalem Pariwisata dan Museum Pura Mangkunegaran Joko Pramudya kepada Kompas.com, Senin (9/8/2021).

“Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PPKM Darurat, maka Kirab Pusakadalem Satu Suro ditiadakan,” kata dia.

Baca juga: Tradisi Minum Teh di Praja Mangkunegaran yang Penuh Makna

Selain peniadaan Kirab Pusakadalem, kegiatan lain seperti Semakan Alquran yang pada 2020 dilakukan di Masjid Al Wustho Mangkunegaran juga tidak dilakukan.

“Kegiatan hanya dilakukan internal dan khusus, seperti jamasan (pusaka), dan lain-lain. Saya sendiri juga tidak bisa menyaksikan,” tutur Joko.

Untuk jamasan pusaka atau mencuci benda pusaka, hal tersebut kata Joko memang dilakukan secara tertutup dan tidak boleh dilihat umum.

Kirab Pusaka yang selalu ramai sebelum pandemi Covid-19

Kirab Pusaka merupakan tradisi yang biasa diadakan setiap tahun untuk menyambut pergantian Tahun Baru Jawa.

Menurut keterangan dari Joko, Pura Mangkunegaran biasanya melakukan hal tersebut dengan mengelilingi tembok luar sebanyak satu kali.

“Dilakukan oleh keluarga, sentono, narapraja, abdi dalem, dan kerabat besar Mangkunegaran, serta masyarakat luas,” ujarnya.

Warga antusias berebut udik-udik dari Sri Paduka Mangkunagoro IX, pada momen Kirab Pusakadalem di Puro Mangkunegaran, tahun 2019.www.puromangkunegaran.com Warga antusias berebut udik-udik dari Sri Paduka Mangkunagoro IX, pada momen Kirab Pusakadalem di Puro Mangkunegaran, tahun 2019.

Namun, Kirab Pusaka bukanlah sekadar parade untuk bersenang-senang. Sebab, tradisi tersebut merupakan kegiatan yang penuh makna.

Seluruh peserta tidak boleh melakukan pembicaraan atau disebut dengan Tapa Bisu. Hal tersebut dimaknai sebagai pencegahan untuk mengontrol pembicaraan yang berawal dari mulut agar tidak menimbulkan fitnah dari orang lain.

Baca juga: Pura Mangkunegaran, Keasrian Sejarah di Tengah Kota Solo

Mengutip Kompas.com, Rabu (19/8/2020), Kirab Pusaka merupakan kegiatan yang selalu diramaikan oleh wisatawan.

“Wah iya Kirab Pusaka itu selalu ramai, karena sifatnya kan bisa dipertontonkan untuk umum. Kita gak hitung banyaknya berapa, tapi kira-kira ada ribuan orang yang nonton itu,” ujarnya saat dihubungi pada Rabu.

Saat Kirab Pusaka berlangsung, wisatawan dan masyarakat lokal akan otomatis mengikuti barisan paling belakang para Abdi Dalem Pura Mangkunegaran.

Baca juga: Pura Mangkunegaran Buka Kembali, Wisatawan Rombongan Dibatasi

Kendati demikian, mereka juga bisa ikut serta dalam Kirab Pusaka dengan mendaftar terlebih dahulu ke Pura Mangkunegaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com