Malioboro Asinan di Kabupaten Semarang, Tempat Menikmati Indahnya Rawa Pening

Kompas.com - 10/08/2021, 10:10 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Malioboro selama ini dikenal sebagai ikon wisata yang mendunia. Potensinya yang beragam menjadi jujugan para wisatawan.

Keberhasilan Malioboro menjadi tujuan wisata hingga mampu menggeliatkan perekonomian itu coba ditiru Pemerintah Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dengan memanfaatkan lahan di pinggiran Rawa Pening, saat ini mulai berjejer lapak-lapak pedagang aneka jualan dan kuliner.

Baca juga: Legenda Asal-usul Rawa Pening Semarang

"Memang saat ini yang dominan adalah jualan aneka kuliner dan beberapa kerajinan khas Rawa Pening," kata Kepala Desa Asinan Turchamun Jiarto, Minggu (8/8/2021).

Ia melanjutkan, di pinggiran Rawa Pening ada 23 lapak yang digunakan warga sekitar untuk berjualan. Di area Rawa Pening, ada puluhan warung makan apung dengan beragam menu.

"Jadi ada keterkaitan antara lapak di pinggir dan yang di rawa karena sama-sama menikmati view pemandangan yang sangat bagus, mulai dari aktivitas di seputaran rawa hingga gunung-gunung yang ada," ujar Jiarto.

Selain bisa menikmati pemandangan dari berbagai warung tersebut, juga berdiri sebuah pendopo untuk berbagai kegiatan.

"Memang ini belum diresmikan karena masih masa pandemi Covid-19, tapi ada wisatawan lokal yang datang untuk sekadar memancing atau menikmati sore bersama keluarga," sambung Jiarto.

Menurut dia, sebenarnya Malioboro Asinan dikonsep untuk bisa dinikmati selama 24 jam nonstop. Namun, konsep itu saat ini belum bisa dilakukan.

Baca juga: Bukit Cinta Rawa Pening yang Instagramable di Kabupaten Semarang

"Tapi itu menunggu masa pandemi selesai dulu dan saat ini masih dalam masa pembangunan, baik dari infrastruktur maupun kesiapan SDM-nya agar saat pandemi selesai, semuanya sudah siap," papar Jiarto

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.