Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trem Ikonik di Hong Kong Ini Sukses Cetak Rekor Dunia

Kompas.com - 10/08/2021, 13:01 WIB
Shalika Rahma Kencana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sistem trem ikonik di Hongkong bernama HK Tramways mencetak rekor dunia baru dengan menjadi armada trem tingkat terbesar yang beroperasi.

Guinness World Records memberikan gelar "armada trem tingkat terbesar dalam pelayanan" atas rekor barunya ini.

Dengan sistem dek ganda, trem beroperasi secara bertingkat. Contoh trem tingkat lainnya adalah di Blackpool, Inggris, dan Alexandria, Mesir.

Baca juga: Hong Kong Museum of Art, Museum Seni Publik Pertama di Hong Kong

adapun, Hong Kong Tramways beroperasi sejak tahun 1904 dan mengoperasikan 165 trem saat ini. Trem wisata TramOramic Tour dan Trem No.18 berfokus untuk memberikan pengalaman premium pada penumpang atau wisatawan.

"Setiap tahun, wisatawan bergabung dengan penduduk di trem tingkat ini dan menyatukan diri dalam budaya otentik untuk mendekatkan mereka dengan Hong Kong yang sebenarnya," kata direktur eksekutif Badan Pariwisata Hong Kong Dane Cheng dalam siaran pers HK Tramways pada Jumat (30/7/2021)

Ia melanjutkan, pengalaman mendalam itu telah menjadi salah satu fokus promosi pihaknya di Hong Kong Tourism Board (Dewan Pariwisata Hong Kong).

Rayakkan capaian rekor dunia HK Tramways

Selain upacara penghargaan yang HK Tramways adakan atas capaian rekor dunia baru ini, terdapat serangkaian acara lain di seluruh kota Hong Kong.

Beberapa acara, antara lain adalah pameran foto yang menyoroti momen-momen membanggakan bersama trem dan koleksi perlengkapan hidup bertema trem dengan edisi terbatas.

Pemandangan Hong Kong dari Lion Rock Country Park (dok. Discover Hong Kong | Calvinsit).dok. Discover Hong Kong | Calvinsit Pemandangan Hong Kong dari Lion Rock Country Park (dok. Discover Hong Kong | Calvinsit).

HK Tramways juga berkolaborasi dengan Pantone Color Institute. Kolaborasi ini menciptakan warna hijau khas bernama "HK Tram Green" yang memberi penghormatan kepada trem. Warna hijau ini menjadi ikon Hongkong dan dikenal identitasnya secara global.

Baca juga: Distrik Tertua di Hong Kong Ini Penuh Karya Seni Instagrammable

Hong Kong adalah kota yang terletak di bagian tenggara China. Selain dikenal sebagai surga belanja, kota ini juga memiliki wisata alam dan budaya yang memiliki daya tariknya sendiri.

Salah satu tempat wisata ikonik di Hong Kong adalah Victoria Peak, gunung di bagian barat daya Hong Kong dengan ketinggian 552 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com