Kompas.com - 11/08/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah paling timur di Pulau Jawa yang biasa menjadi tempat orang-orang menyeberang menuju Pulau Bali.

Namun, ternyata Banyuwangi juga memiliki keindahan pesona alam. Wisatawan bisa explore Banyuwangi sebelum menyeberang ke Pulau Bali.

Saat ini, tempat wisata di Banyuwangi memang sedang tutup karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Namun, tidak ada salahnya membuat renaca berkunjung setelah PPKM usai.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Lakukan Pendataan Jumlah Pelaku Sektor Pariwisata

Berikut ini adalah 7 wisata alam di Banyuwangi yang bisa dikunjungi saat PPKM berakhir.

1. Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen, perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Dilansir dari Kompas.com, Kamis (18/6/2020) Kawah Ijen, terkena dengan fenomena api biru alami yang langka.

Fenomena api biru hanya ada dua di dunia, yaitu di Negara Irlandia dan di Kawah Ijen.

Api biru (Blue Fire) terlihat keluar dari kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Api biru (Blue Fire) terlihat keluar dari kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.

Tak heran jika Kawah Ijen menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Pengunjung dapat menyaksikan fenomena api biru tersebut pada malam hingga dini hari sebelum matahari muncul. Oleh sebab itu, pengunjung disarankan melakukan pendakian pada malam hari.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Salurkan Bantuan 2,1 Ton Beras ke Pelaku Wisata di Kawah Ijen

Perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi ke Kawah Ijen memakan waktu kurang lebih selama 2,5 jam naik mobil.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.