Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Lengkap Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia Tahun 2021

Kompas.com - 11/08/2021, 21:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comGaruda Indonesia memiliki ketentuan bagasi yang perlu diperhatikan, salah satunya seputar fasilitas gratis bagasi terdaftar untuk penerbangan domestik.

Menurut informasi dalam situsnya, penumpang First Class dibebaskan biaya bagasi jika berat bagasi tidak melebihi 40 kilogram (kg).

Sementara itu, untuk penumpang Business Class, berat bagasinya tidak boleh lebih dari 30 kg, dan Economy Class tidak lebih dari 20 kg. Ketentuan ini berlaku untuk penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia Tahun 2021

Kemudian untuk bayi tanpa kursi, mereka dapat memanfaatkan fasilitas bagasi gratis maksimal 20 kg untuk First Class, dan 10 kg untuk Business Class serta Economy Class.

Bayi tanpa kursi mendapat tambahan 10 kg di luar satu kereta dorong, kereta lipat, keranjang bayi, atau tempat duduk bayi yang dapat dibawa ke dalam kabin penumpang, dan tergantung pada ruang yang tersedia.

Untuk penumpang berkebutuhan khusus, merepa dapat membawa satu kursi roda atau alat bantu lain yang dibutuhkan.

Saat mendaftarkan bagasi sebagai bagasi tercatat, penumpang diimbau untuk tidak menyimpan segala jenis barang berharga di dalamnya.

Baca juga: 7 Tips Mengemas Bagasi Kabin Pesawat

Barang berharga yang dimaksud adalah seperti dokumen penting, uang, barang mudah pecah, kunci, perhiasan, komputer dan perangkat elektronik lainnya, dan obat-obatan.

Lalu dokumen kesehatan, paspor dan dokumen identitas lainnya, serta barang berharga lainnya. Jika ada kehilangan, hal tersebut bukan tanggung jawab dari maskapai penerbangan.

Ilustrasi Garuda Indonesia. Dok. Pixaby Ilustrasi Garuda Indonesia.

Ketentuan bagasi kabin Garuda Indonesia

Untuk bagasi kabin Garuda Indonesia, ketentuannya adalah barang harus memiliki dimensi tidak lebih dari 56 cm x 36 cm x 23 cm. Beratnya juga tidak lebih dari 7 kg.

Namun, terdapat pengecualian untuk penerbangan Economy Class menggunakan tipe pesawat CRJ atau ATR. Dimensinya adalah 41 cm x 34 cm x 17 cm, berat tetap tidak boleh lebih dari 7 kg.

Baca juga: Ketentuan Bagasi Citilink Tahun 2021, Bagasi Kabin Maksimal 7 Kg

Penumpang juga bisa membawa barang tanpa label ke bagasi kabin seperti tas laptop, tas tangan, jaket tebal atau selimut, payung, tongkat bantu jalan, kamera saku atau teropong, dan bahan bacaan dengan jumlah wajar.

Kemudian baby stroller ukuran kabin, tempat duduk bayi dengan pengaman, serta kursi roda ukuran kabin atau yang bisa dilipat.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa petugas maskapai dapat melarang penumpang untuk membawa barang yang dianggap tidak wajar, atau memiliki potensi melanggar peraturan keamanan dan/atau mengganggu kenyamanan.

Biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia

Sebelumnya, dikatakan bahwa masing-masing kelas penerbangan menawarkan fasilitas bagasi gratis yang berbeda. Seperti First Class untuk bagasi yang berat maksimalnya adalah 20 kg.

Apabila saat bagasi ditimbang beratnya melebihi ketentuan, pihak maskapai berlakukan tarif bagasi berlebih.

Baca juga: Cara Daftar Layanan Vaksinasi Covid-19 Garuda Indonesia

Namun, harga yang dikenakan berbeda tergantung rute penerbangan. Misalnya adalah penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandara Pattimura (AMQ), harga bagasi berlebihnya adalah Rp 279.400.

Untuk mengetahui lebih lanjut, harga lengkapnya bisa dilihat di laman berikut.

IlustrasiShuterstock Ilustrasi

Ketentuan Pre-paid Excess Baggage

Garuda Indonesia memiliki layanan Pre-paid Excess Baggage jika kamu merasa perlu membawa lebih banyak barang.

Menurut laman berikut, layanan dapat dibeli di kantor penjualan dari Garuda Indonesia, serta aplikasi atau situs resmi maskapai maksimum 24 jam sebelum keberangkatan.

Namun, khusus untuk aplikasi atau situs resmi, pembelian Pre-paid Excess Baggage harus dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

Baca juga: Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai Masker, Ada Motif Barong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com