Kompas.com - 12/08/2021, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah mencari empat orang yang ingin merasakan pengalaman hidup di planet Mars selama setahun. 

Dilansir dari Travelandleisure.com, misi ini dikenal sebagai Crew Health and Performance Exploration Analog (Analog Eksplorasi Kesehatan dan Kinerja Kru) dan akan dimulai pada musim gugur tahun 2022. 

Baca juga: Virgin Galactic Jual Tiket Wisata ke Luar Angkasa, Harganya Rp 6,5 Miliar

Orang-orang yang terpilih akan tinggal di area yang telah didesain sedemikian rupa hingga mirip seperti di planet merah. Area tersebut bernama Mars Dune Alpha dengan luas sekitar 1,700 kaki persegi atau sekitar 158 meter persegi di Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat (AS). 

Adapun kegiatan ini merupakan persiapan dalam menghadapi tantangan dari misi-misi planet Mars yang akan datang. 

Baca juga: Perjalanan Menyusuri Kawah Gunung Slamet, Serasa Berada di Planet Mars

"(Misi) analog sangat penting untuk menguji solusi dalam menghadapi sulitnya hidup di planet Mars. Simulasi di bumi akan membantu kami untuk memahami dan menghadapi tantangan mental dan fisik yang akan dialami para astronot sebelum terbang," kata ilmuwan dari Advanced Food Technology (Teknologi Pangan Lanjutan) milik NASA, Grace Douglas, dikutip dari situs web resmi NASA, Jumat (6/8/2021). 

Lowongan dibuka hingga September 2021

Matahari terbenam di Planet Mars, diambil oleh rover Spirit pada 2005.NASA/JPL/Texas A&M/Cornell Matahari terbenam di Planet Mars, diambil oleh rover Spirit pada 2005.

Lowongan untuk misi ini dibuka sejak 6 Agustus hingga 17 September 2021. 

Proses seleksi akan mengikuti standar NASA untuk astronot. Pelamar diharuskan warga negara atau penduduk tetap AS, sehat, tidak merokok, berusia 30-55 tahun, dan lancar berbahasa Inggris. 

Baca juga: Museum di London Punya Replika Planet Mars, Seperti Apa?

Mereka diharuskan memiliki gelar di bidang Sains, Teknik, dan Matematika (STEM), termasuk ilmu biologi, teknik, ilmu komputer atau matematika dari institusi yang berakreditasi. 

Baca juga: Pedesaan Bertema Mars Akan Dibuka di Gurun Mojave California

Tidak hanya itu, mereka juga harus memiliki pengalaman profesional dalam bidang STEM atau sedikitnya meraih 1.000 jam terbang sebagai pilot pesawat jet. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.