Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Buka Lowongan untuk Orang yang Ingin Hidup seperti di Planet Mars

Kompas.com - 12/08/2021, 09:10 WIB
Aziza Zahwa Layla Madjid,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah mencari empat orang yang ingin merasakan pengalaman hidup di planet Mars selama setahun. 

Dilansir dari Travelandleisure.com, misi ini dikenal sebagai Crew Health and Performance Exploration Analog (Analog Eksplorasi Kesehatan dan Kinerja Kru) dan akan dimulai pada musim gugur tahun 2022. 

Baca juga: Virgin Galactic Jual Tiket Wisata ke Luar Angkasa, Harganya Rp 6,5 Miliar

Orang-orang yang terpilih akan tinggal di area yang telah didesain sedemikian rupa hingga mirip seperti di planet merah. Area tersebut bernama Mars Dune Alpha dengan luas sekitar 1,700 kaki persegi atau sekitar 158 meter persegi di Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat (AS). 

Adapun kegiatan ini merupakan persiapan dalam menghadapi tantangan dari misi-misi planet Mars yang akan datang. 

Baca juga: Perjalanan Menyusuri Kawah Gunung Slamet, Serasa Berada di Planet Mars

"(Misi) analog sangat penting untuk menguji solusi dalam menghadapi sulitnya hidup di planet Mars. Simulasi di bumi akan membantu kami untuk memahami dan menghadapi tantangan mental dan fisik yang akan dialami para astronot sebelum terbang," kata ilmuwan dari Advanced Food Technology (Teknologi Pangan Lanjutan) milik NASA, Grace Douglas, dikutip dari situs web resmi NASA, Jumat (6/8/2021). 

Lowongan dibuka hingga September 2021

Matahari terbenam di Planet Mars, diambil oleh rover Spirit pada 2005.NASA/JPL/Texas A&M/Cornell Matahari terbenam di Planet Mars, diambil oleh rover Spirit pada 2005.

Lowongan untuk misi ini dibuka sejak 6 Agustus hingga 17 September 2021. 

Proses seleksi akan mengikuti standar NASA untuk astronot. Pelamar diharuskan warga negara atau penduduk tetap AS, sehat, tidak merokok, berusia 30-55 tahun, dan lancar berbahasa Inggris. 

Baca juga: Museum di London Punya Replika Planet Mars, Seperti Apa?

Mereka diharuskan memiliki gelar di bidang Sains, Teknik, dan Matematika (STEM), termasuk ilmu biologi, teknik, ilmu komputer atau matematika dari institusi yang berakreditasi. 

Baca juga: Pedesaan Bertema Mars Akan Dibuka di Gurun Mojave California

Tidak hanya itu, mereka juga harus memiliki pengalaman profesional dalam bidang STEM atau sedikitnya meraih 1.000 jam terbang sebagai pilot pesawat jet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com