Kompas.com - 12/08/2021, 14:11 WIB

 

KOMPAS.com – Maskapai berbiaya rendah Super Air Jet menawarkan fasilitas bagasi gratis dengan berat maksimal 20 kilogram (kg) untuk Kelas Ekonomi.

Mengutip keterangan dalam situs resminya, seluruh penumpang juga dapat membawa bagasi kabin secara gratis.

Namun, berat maksimalnya tidak boleh lebih dari 7 kg. Dimensinya juga tidak boleh lebih dari 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Berat maksimal tersebut merupakan berat dari satu bagasi kabin dan satu barang pribadi.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia Tahun 2021

Beberapa barang pribadi yang dapat dibawa secara gratis adalah sebagai berikut:

  • Tas tangan wanita
  • Buku saku atau dompet
  • Mantel, syal, atau selimut
  • Kamera kecil dan/atau teropong kecil
  • Makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan
  • Keranjang bayi
  • Payung atau tongkat jalan
  • Bahan bacaan dalam jumlah yang wajar
  • Kursi roda yang dapat dilipat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi atau alat protestik lain yang harus digunakan penumpang

Baca juga: 8 Cara Mengepak Barang Bawaan agar Tidak Perlu Bagasi Berbayar

Sementara itu, barang-barang yang dilarang untuk dibawa di bagasi kabin adalah sel baterai kering, pisau, gunting, benda tajam lainnya, senjata api, amunisi, dan replika barang-barang yang disebutkan.

Namun, pihak maskapai mengimbau penumpang untuk membawa uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi, dan benda berharga lainnya disarankan dibawa ke kabin oleh penumpang.

Baca juga: Info Lengkap Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia Tahun 2021

Barang-barang yang dilarang

Ilustrasi koperApartmenttherapy.com Ilustrasi koper

Untuk alasan keamanan, Super Air Jet melarang sejumlah barang untuk dibawa. Salah satunya adalah barang bawaan (tas, koper, dan bungkusan lainnya) yang dipasangi alarm.

Baca juga: Super Air Jet Terbang Perdana ke Medan dan Batam Mulai 6 Agustus

Selanjutnya gas padat (didinginkan, mudah terbakar, tidak mudah terbakar, dan beracun) seperti butana, oksigen, nitrogen cair, tabung aqualung, dan tabung gas padat.

Lalu zat korosif seperti asam, alkali, merkuri, dan sel baterai cair serta wadah yang mengandung merkuri, bahan peledak seperti amunisi, kembang api, dan pistol api, dan zat cair serta padat yang mudah terbakar seperti refill pemantik.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membawa Bagasi Kabin

Bahan bakar pemantik, korek api, cat, thinner, zat radioaktif, materi yang teroksidasi seperti bubuk pemutih atau peroksida, dan benda lain seperti materi yang dimagnetisasi juga dilarang.

Super Air Jet telah terbang perdana mulai hari Jumat (6/8/2021) lalu dengan melayani sejumlah rute domestik, salah satunya rute pergi-pulang Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta) - Bandara Internasional Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.