Kompas.com - 12/08/2021, 15:13 WIB
Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat. Dok. ShutterstockIlustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana mewajibkan wisatawan asing untuk divaksinasi Covid-19 lengkap sebelum berlibur di negara tersebut. 

Menurut Reuters, rencana itu merupakan bagian dari upaya membuka kembali perbatasan negara. 

Adapun pembukaan perbatasan dinilai dapat membangun kembali industri penerbangan dan perjalanan

Baca juga: Kasus Melonjak, Destinasi Wisata Populer di Eropa Perketat Pembatasan Covid-19

Kendati demikian, AS masih belum siap untuk mengimplementasikan rencana tersebut secepatnya akibat meningkatnya kasus Covid-19 dan adanya virus corona varian Delta

Pihak Gedung Putih (White House) telah berdiskusi dengan maskapai penerbangan mengenai penerapan kebijakan vaksinasi untuk wisatawan asing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga perlu menetapkan bentuk dari bukti vaksinasi dan jenis vaksin yang akan diterima, termasuk jenis vaksin yang disetujui di sejumlah negara lain namun belum disetujui oleh pemerintah AS. 

Baca juga: Hotel di Meksiko Wajibkan Turis dan Karyawannya Bawa Kartu Vaksin

Pembatasan perjalanan di AS pertama kali diberlakukan pada Januari 2020 untuk wisatawan dari China guna menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Sejak saat itu, tak sedikit negara yang juga dimasukan ke dalam daftar tersebut. 

Ilustrasi Times Square, New York DOK.Pixabay.com/Ahundt Ilustrasi Times Square, New York DOK.Pixabay.com/Ahundt

Dilansir dari data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang diperbaharui pada 30 April 2021, berikut daftar negara yang penduduknya dibatasi untuk masuk ke AS:

  1. China
  2. Iran
  3. Area Schengen (Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Honagaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Monako, San Marino, Kota Vatikan)
  4. Inggris Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara)
  5. Irlandia
  6. Brazil
  7. Afrika Selatan
  8. India

Baca juga: Travel Ban Meningkat, Amerika Serikat Tambah 6 Negara Baru

Walau Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut, namun di aturan CDC terbaru pada Senin (9/8/2021), Indonesia masuk dalam kelompok negara level 4 dengan risiko Covid-19 sangat tinggi.

Dalam situs webnya, CDC tidak menyarankan warga AS untuk melakukan perjalanan ke negara-negara level 4. Kalaupun harus bepergian, mereka harus sudah divaksinasi lengkap. 

Saat ini pengunjung yang diizinkan untuk masuk ke AS melalui jalur darat adalah pekerja sektor tertentu, antara lain pengemudi truk dan perawat dari Meksiko dan Kanada.

Baca juga: Epidemiolog: Sertifikat Vaksinasi Tak Bisa Gantikan Tes Covid-19 untuk Syarat Perjalanan

Menurut CDC, saat ini tidak ada kewajiban vaksinasi bagi yang ingin masuk ke AS, sementara penduduk AS yang bepergian ke luar negeri tidak harus divaksinasi saat kembali ke negaranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.