Kompas.com - 13/08/2021, 18:44 WIB

KOMPAS.com - Legenda Banyuwangi di Jawa Timur merupakan salah satu legenda tanah air yang sarat akan pesan tentang kesetiaan. 

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, nama Banyuwangi diambil dari kata banyu yang artinya air dan wangi yang artinya harum.

Nama tersebut tak bisa lepas dari legenda tentang seorang raja bernama Sulahkromo. Raja tersebut dipercaya memimpin bagian timur Pulau Jawa.

Patih Sidapaksa dan istrinya yang jelita

Dalam legenda tersebut, diceritakan bahwa raja Sulahkromo memiliki seorang patih setia bernama Patih Sidapaksa. Sang patih memiliki istri bernama Sri Tanjung.

Kecantikan dan kebaikan hati Sri Tanjung ternyata memikat sang raja.

Mengetahui Sri Tanjung adalah istri yang setia, maka muncullah sebuah rencana jahat dari sang raja.

Baca juga:

 

Tugas mustahil dari sang raja

Dilansir dari "Cerita Rakyat dari Banyuwangi" karya Suripan Sadi Hutomo dan E. Yonohudiyono, Raja Sulahkromo memerintahkan Patih Sidapaksa untuk melakukan sebuah misi yang sangat sulit.

Ia meminta sang patih mencari dua benda keramat sebagai tumbal untuk Kerajaan Sindureja atau Sindurejo.

Dua barang keramat itu adalah tiga lingkar emas dan tiga gulung janggut putih. Kedua benda keramat itu hanya dapat dijumpai di Negeri Indran.

Karena titah sang raja, Patih Sidapaksa meninggalkan sang istri menuju Negeri Indran untuk mencari kedua benda keramat tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.