Kompas.com - 14/08/2021, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Baluran merupakan satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia. Wisata alam ini terletak di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

TN Baluran diketahui mengalami beberapa kali penutupan selama Pandemi. Hal ini disampaikan Koordinator Teknis Perencanaan, Pengawetan, Pemanfaatan, dan Pelayanan TN Baluran Arif Pratiwi.

"Taman Nasional Baluran sempat tutup beberapa kali dan diumumkan dalam bentuk Surat Edaran maupun publikasi melalui media sosial atau pun WAG mitra. Terdapat pembatasan kuota," kata Arif kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Jangan Gelar Tikar di Savana Bekol TN Baluran, Kenapa?

Waktu paling cocok berwisata ke TN Baluran

TN Baluran memiliki julukan Africa Van Java. Taman nasional ini memiliki sabana yang membentang luas dan menjadi rumah bagi beragam fauna liar.

Menurut Arif, musim kemarau merupakan waktu paling pas untuk mengunjungi TN Baluran.

"Jalur-jalur wisata relatif kering, tidak becek dan tanah tidak lengket. Satwa lebih mudah dilihat, terutama pada saat minum dan berkubang di tempat minum atau kubangan buatan di Savana Bekol," imbuh Arif.

Merak Hijau Jantan di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Jhon ImagesShutterstock/Jhon Images Merak Hijau Jantan di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Jhon Images

Lebih lanjut, Arif mengungkapkan bahwa pengunjung bisa menyaksikan rusa jantan yang berdandan di musim kawin pada bulan Juli-Agustus.

"Rusa jantan berdandan dengan melumuri sekujur tubuhnya menggunakan lumpur dan menghias tanduknya dengan untaian rumput dan semak-semak," lanjutnya.

Baca juga: Kunjungan ke TN Baluran Sempat Anjlok, Pernah Hanya 18 Orang Sehari

Selain rusa, pengunjung juga dapat melihat musim kawin burung merak pada September-November.

"Pengunjung dapat menyaksikan Merak jantan menari mengembangkan ekornya dikelilingi beberapa ekor merak betina," terang Arif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.