Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Thailand Dilarang Pakai Sunscreen yang Tak Ramah Terumbu Karang

Kompas.com - 15/08/2021, 09:09 WIB
Aziza Zahwa Layla Madjid,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thailand secara resmi melarang wisatawan yang berwisata ke laut menggunakan sunscreen (tabir surya) dengan kandungan bahan kimia berbahaya bagi terumbu karang.

Diberitakan Bangkokpost.com, Rabu (5/8/2021), Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Konservasi Tumbuhan Thailand melarang senyawa kimia Oxybenzone, Octinoxate, 4-Methylbenzylid Camphor, dan Butylparaben.

Baca juga: Mengapa Thailand Dijuluki Negeri Gajah Putih?

Direktur Jendral departemen itu Thanya Nethithammakul mengatakan, studi telah menemukan beberapa senyawa kimia dalam produk sunscreen yang berbahaya bagi sistem reproduksi larva terumbu karang dan menyebabkan pemutihan karang

Larangan ini berlaku sejak 4 Agustus 2021. Jika nekat, pelanggar aturan bisa didenda maksimal 100.000 baht atau sekitar Rp 43 juta.

Ilustrasi Thailand - Koh Samui (Shutterstock/lkunl).Shutterstock/lkunl Ilustrasi Thailand - Koh Samui (Shutterstock/lkunl).

Para wisatawan disarankan menggunakan sunscreen berbahan dasar zinc oxide yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk makhluk laut.

Produk sunscreen yang dapat merusak terumbu karang ini juga sudah dilarang di beberapa belahan dunia termasuk Hawaii

Baca juga: Hawaii Cabut Aturan Pakai Masker di Luar Ruangan

Melansir situs resmi Pusat Keanekaragaman Biologis Hawaii, peraturan yang berlaku sejak Maret 2021 ini mengikuti undang-undang yang melarang penggunaan sunscreen berbahan oxybenzone dan octinoxate pada tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com