Kompas.com - 15/08/2021, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Thailand secara resmi melarang wisatawan yang berwisata ke laut menggunakan sunscreen (tabir surya) dengan kandungan bahan kimia berbahaya bagi terumbu karang.

Diberitakan Bangkokpost.com, Rabu (5/8/2021), Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Konservasi Tumbuhan Thailand melarang senyawa kimia Oxybenzone, Octinoxate, 4-Methylbenzylid Camphor, dan Butylparaben.

Baca juga: Mengapa Thailand Dijuluki Negeri Gajah Putih?

Direktur Jendral departemen itu Thanya Nethithammakul mengatakan, studi telah menemukan beberapa senyawa kimia dalam produk sunscreen yang berbahaya bagi sistem reproduksi larva terumbu karang dan menyebabkan pemutihan karang

Larangan ini berlaku sejak 4 Agustus 2021. Jika nekat, pelanggar aturan bisa didenda maksimal 100.000 baht atau sekitar Rp 43 juta.

Ilustrasi Thailand - Koh Samui (Shutterstock/lkunl).Shutterstock/lkunl Ilustrasi Thailand - Koh Samui (Shutterstock/lkunl).

Para wisatawan disarankan menggunakan sunscreen berbahan dasar zinc oxide yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk makhluk laut.

Produk sunscreen yang dapat merusak terumbu karang ini juga sudah dilarang di beberapa belahan dunia termasuk Hawaii

Baca juga: Hawaii Cabut Aturan Pakai Masker di Luar Ruangan

Melansir situs resmi Pusat Keanekaragaman Biologis Hawaii, peraturan yang berlaku sejak Maret 2021 ini mengikuti undang-undang yang melarang penggunaan sunscreen berbahan oxybenzone dan octinoxate pada tahun 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.