Kabupaten Ende PPKM Level 4, Pelaku Perjalanan Wajib Rapid Antigen dan Vaksin Tahap 1

Kompas.com - 15/08/2021, 11:11 WIB

ENDE, KOMPAS.com - Setelah ditetapkan sebagai salah satu daerah berstatus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4, Kabupaten Ende gencar melakukan penyekatan di sejumlah titik keluar masuk daerah itu.

Salah satu wilayah yang dilakukan penyekatan yakni di wilayah perbatasan Ende-Nagekeo, tepatnya di Desa Ondorea Barat, Kecamatan Nangapenda.

Di perbatasan, setiap warga atau pelaku perjalan yang melanggar protokol kesehatan dan aturan beralu-lintas akan ditindak tegas oleh petugas.

Baca juga: Labuan Bajo NTT PPKM Level 3, Ada Penyekatan di Bandara Komodo

Kapolsek Nangapenda, Anselmus Leza menjelaskan, kebijakan itu merupakan salah satu upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Ende.

"Masyarakat atau pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah kabupaten Ende harus mengantongi surat keterangan vaksin dan hasil swab antigen," jelas Anselmus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Ia melanjutkan, aturan itu sesuai kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penerapan PPKm level IV.

Foto : Petugas gabungan melakukan penyekatan yakni di wilayah perbatasan Ende-Nagekeo tepatnya di Desa Ondorea Barat, Kecamatan Nangapenda, Sabtu (14/8/2021).Dokumen Polsek Nangapenda Foto : Petugas gabungan melakukan penyekatan yakni di wilayah perbatasan Ende-Nagekeo tepatnya di Desa Ondorea Barat, Kecamatan Nangapenda, Sabtu (14/8/2021).

 

Dalam kebijakan tersebut, masyarakat yang masuk dan keluar wilayah PPKM level IV harus memiliki hasil rapid test antigen yang menerangkan hasil negatif atau minimal surat keterangan vaksin dosis 1.

Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan masuk wilayah kabupaten Ende dan tidak mengantongi syarat syarat yang sudah disampaikan akan dipulangkan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Ende Tinggi, Taman Nasional Kelimutu Masih Tutup

Dia menegaskan, hal itu diilakukan demi mengurangi mobilitas masyarakat dan menekan angka kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Ende.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan dengan mengurangi segala aktivitas perjalanan yang tidak terlalu urgen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.